5 Catatan Jelang Laga Badak Lampung FC vs PSM Makassar di Liga 1 2019

Info Bola
Info Bola adalah story berita bola hari ini, jadwal terkini, tentang pemain, sepak bola Liga indonesia, Eropa, dan dunia.
Konten dari Pengguna
15 September 2019 15:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Marquinhos Carioca seperti sedang berjoget, (Foto: Dok. PT LIB)
zoom-in-whitePerbesar
Marquinhos Carioca seperti sedang berjoget, (Foto: Dok. PT LIB)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Laga Perseru Badak Lampung FC menghadapi PSM Makassar bakal tersaji di pekan ke-18 Liga 1 2019. Bermain di Stadion Sumpah Pemuda, Minggu (15/9/2019) pukul 18.30 WIB, ‘Laskar Saburai’ bakal berusaha pertahankan rekor tak terkalahkan, sementara ‘Juku Eja’ butuh kemenangan demi menuju papan atas.
ADVERTISEMENT
Kini Badak Lampung FC berada di posisi ke-14 klasemen sementara, mengoleksi 17 poin dari 17 pertandingan. Hanya terpaut satu poin, skuad arahan Milan Petrovic jelas belum aman dari ancaman degradasi. Karena itu, meraih poin jadi target utama tim asal Lampung tersebut untuk tetap bertahan di Liga 1.
Persiapan pun dilakukan Petrovic, salah satunya dengan mencari cara mencetak gol. Hal tersebut, menurut Petrovic, bertujuan agar Badak Lampung FC punya banyak alternatif usaha mencetak gol. “Kami akan punya 2 sampai 3 ide ke depannya," ucap mantan pelatih Arema FC tersebut.
Rekor tanpa kekalahan di tiga laga terakhir menurut Petrovic jadi modal berharga. Pelatih asal Slovenia tersebut pun menargetkan timnya untuk tetap berada di Liga 1 musim depan. “Sekarang, kami jauh lebih baik secara barisan pemain dan jauh lebih kuat di baris pertahanan,” ucap Petrovic.
ADVERTISEMENT
Sementara, PSM Makassar kini menempati peringkat kesembilan di klasemen, mengoleksi 23 poin. Baru bermain 14 pertandingan, empat laga lebih sedikit dari rata-rata tim lainnya, skuad arahan Darije Kalezic berpeluang menembus papan atas bila sukses menyapu bersih laga simpanan dengan kemenangan.
Meski bakal melakoni laga tandang, Kalezic tetap optimis dan meminta agar anak asuhnya bermain dengan determinasi serta motivasi tinggi. "Kalau kami tampil dengan kemampuan terbaik, saya yakin tiga poin bukan hal yang sulit untuk diraih," ungkap pelatih asal Swiss tersebut
Mengenai Ezra Walian, Kalezic menyebut dirinya tak mau terburu-buru memainkannya. Pasalnya, mantan penyerang Ajax Amsterdam tersebut belum dalam kondisi bugar. "Saya hanya memainkan pemain yang fit. Itulah mengapa saya tidak membawa Marc Klok dan Ezra Walian, yang belum berada dalam level kebugaran yang saya inginkan," tegas Kalezic.
ADVERTISEMENT
Jelang laga Badak Lampung FC menghadapi PSM Makassar di pekan ke-18 Liga 1 2019, berikut lima catatan yang bisa disimak terlebih dahulu.
Perseru Badak Lampung FC vs Persela. (Foto: Dok. PT LIB)
Musim 2019 ini, Badak Lampung FC (BLFC) dan PSM sudah bertemu sebanyak tiga kali. Dari tiga laga tersebut, BLFC juga selalu kalah dari PSM. Hasil tersebut melanjutkan rekor buruk tak pernah menang dua pertemuan sekaligus.
Kala itu, masih bernama Perseru Serui, BLFC kalah 0-1 di kandang dan imbang 2-2 kala bertandang ke markas PSM. Musim ini, Laskar Saburai kalah telak di tiga kesempatan dari Juku Eja, yaitu dengan skor 9-0, 0-3, dan 4-0.
Pemain Bhayangkara fc Ramiro (tengah) berduel dengan pemain Perseru Badak Lampung fc Daryono (tengah) pada lanjutan liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Mendatangkan beberapa bek anyar, diantaranya Bojan Malisic dan Antony Golec, mulai berbuah hasil. Pasalnya, dari tim yang paling banyak kebobolan kedua di Liga 1, tiga laga terakhir BLFC hanya kemasukan dua angka.
ADVERTISEMENT
Catatan tersebut kemudian membuat BLFC tak terkalahkan di tiga laga terakhir, dengan satu kemenangan dan dua imbang. Adapun laga tersebut kala imbang 1-1 kontra Persib, kemudian menang 0-1 saat bertandang ke markas Persija dan imbang 1-1 lawan Persela.
Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim (kanan) merayakan gol bersama Marc Klok (tengah) Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Berupaya untuk menembus papan atas klasemen, PSM kini tengah dalam tren negatif. Pasalnya, skuad arahan Darije Kalezic hanya meraih satu kemenangan di empat laga terakhir, tiga lainnya dua kali kalah dan satu hasil imbang.
PSM sempat menang kala menjamu Persib dengan skor 3-1. Setelahnya PSM hanya menang sekali kontra Persela dengan skor 2-1, usai tiga laga lain kalah dari PSS 3-2, imbang 0-0 dengan Persija, dan terbaru takluk 0-1 kontra PSIS.
ADVERTISEMENT
Selebrasi pemain PSM Makassar usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada pertandingan final Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/8). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Badak Lampung FC bisa mengandalkan duet bek tangguh Bojan Malisic dan Antony Paul Golec di lini belakang. Arthur Bonai kemudian jadi andalan di tengah. Adapun ketajaman Melcior di depan jadi senjata utama.
Sementara PSM bisa mempercayakan pertahanan kepada Aaron Evans. Wiljan Pluim kemudian jadi sosok yang bisa ciptakan perbedaan dari tengah. Sedangkan trio lini depan PSM bisa diisi Zulham Zamrun, Amido Balde, dan M. Rahmat.
Perseru Badak Lampung FC di laga kontra Persela. (Foto: Dok. PT LIB)
Badak Lampung FC (4-3-3)
Pelatih: Milan Petrovic
Stya Beny Yoewanto (kiper); Bojan Malisic, Antony Golec, Reva Adi Utama, Kurniawan Karman (bek); Arthur Bonai, Akbar Tanjung, Ahmad Syaifullah (gelandang); Melcior Majefat, Haryanto Panto, Marquinhos (penyerang)
PSM Makassar (4-3-3)
Pelatih: Darije Kalezic
ADVERTISEMENT
Rivki Mokodompit (kiper); Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi (bek); Raphael Maitimo, M. Arfan, Wiljan Pluim (gelandang); Zulham Zamrun, Amido Balde, M. Rahmat (penyerang). (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.