Kyoto Animation Raih Penghargaan dalam Hal Kesetaraan Gender

Anime
Berita seputar anime dan hal-hal berbau Jepang terbaru!
Konten dari Pengguna
4 November 2020 12:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Anime tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto via Crunchyroll
zoom-in-whitePerbesar
Foto via Crunchyroll
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bicara tentang Kyoto Animation (KyoAni), kita pasti diingatkan dengan anime-anime terkenal seperti A Silent Voice, K-ON!, Sound! Euphonium, maupun Violet Evergarden yang menjadikan wanita sebagai tokoh utamanya.
ADVERTISEMENT
Lewat tim dan anime-animenya, Kyoto Animation dianugerahi penghargaan WIA Diversity Award 2020 oleh Woman in Animation. Dilansir dari Variety, KyoAni dianggap memiliki komitmen dalam menciptakan tempat kerja dengan menerapkan keseimbangan gender.
Foto dok. istimewa
Woman in Animation sendiri adalah organisasi non-profit yang didedikasikan agar suara para wanita di dunia animasi lebi didengar. WIA Diversity Awards mulai diluncurkan empat tahun yang lalu bersama Spark Computer Graphics Society untuk memperkenalkan mereka dalam industri animasi. Mereka berharap penghargaan ini bisa memotivasi wanita dalam industri tersebut untuk mbersuara dan maju ke garis depan.
Wakil Presiden dari Women in Animation, Junko Goto yang kini menjadi produser di Netflix menyatakan, "Ini adalah suatu kehormatan bagi kami untuk memberikan penghargaan ini pada Kyoto Animation. Sebagai produser, saya sangat bangga melihat bagaimana Kyoto Animation membawa prinsip WIA dengan mempekerjakan banyak artis wanita, juga dengan komitmen untuk melatih mereka. Mereka juga memperlihatkan keberanian yang luar biasa dalam menghadapi insiden yang telah menimpa sebelumnya."
ADVERTISEMENT
Kyoto Animation kini menjadi pemimpin dalam hal kesetaraan gender di dunia animasi Jepang. Studio ini dikenal memiliki banyak staf wanita dan bahkan di sekolah animasi yang mereka dirikan pun melatih banyak animator wanita di dalamnya.
Kyoto Animation mengundang perhatian dunia ketika terjadi pembakaran di salah satu studio mereka yang menewaskan 36 staf mereka pada 18 Juli 2019.
Bangkit dari insiden tersebut, Kyoto Animation rilis Violet Evergarden the Movie beberapa waktu yang lalu. Film ini sukses dan masuk ke dalam daftar box office di Jepang.
(Sumber: Variety via Crunchyroll)