5 Rekomendasi Es Kopi Susu Murah di Semarang

Indah Salimin
Senior Copywriter at Digital Skola
Konten dari Pengguna
10 Agustus 2019 12:04 WIB
comment
9
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Indah Salimin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Es Kopi Teman Kerja dan Es Kopi Susu Bu Linda. (Foto: Indah Salimin)
zoom-in-whitePerbesar
Es Kopi Teman Kerja dan Es Kopi Susu Bu Linda. (Foto: Indah Salimin)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Es kopi susu sama halnya dengan boba, adalah dua jenis minuman yang tiba-tiba merangsek dalam kehidupan milenial dan secara ajaib menasbihkan diri menjadi 'kebutuhan primer' sebagian besar anak muda. Sebelum mengenal minuman ini, rasanya hari-hari kita bisa berjalan biasa saja. Tapi, setelah dua minuman ini booming, kita lantas merasa kurang bersemangat jika belum menyesap es kopi susu atau es boba.
ADVERTISEMENT
Buat pencinta kopi yang setiap hari butuh kafein, kehadiran es kopi susu seakan menjadi penolong. Selain praktis, es kopi susu juga lebih enak bagi sebagian orang karena dicampur dengan susu alias latte, sehingga terasa lebih manis dan segar karena disajikan dingin.
Tapi, sahabat kumparan harus hati-hati. Beli es kopi susu tiap hari tidak hanya berefek buruk pada kesehatan tapi juga keuangan. Sebab, harga es kopi yang ada di kisaran belasan ribu ke atas bisa menyita anggaran bulanan. Jangan sampai gaji kita habis hanya untuk beli es kopi susu. Karenanya penting untuk memilih es kopi susu dengan harga yang terjangkau.
Untuk kawasan Semarang, ada rekomendasi lima es kopi susu dengan harga di bawah Rp 20.000 yang bisa kamu coba:
ADVERTISEMENT
Salah satu kedai KopiSoe di Kampung Kali Semarang.(Foto: Indah Salimin)
Terkenal dengan kopi rugal-nya, yakni kopi dengan campuran biskuit regal, Kopi Soe berhasil memasuki pasar pencinta kopi di Semarang. Kopi susu ini sudah punya beberapa cabang yang selalu didatangi pencinta kopi. Berbagai pilihan minuman dengan harga di bawah Rp 30.000 bisa kamu pilih di sini. Harga paling hemat disajikan oleh KopiSoe berupa Es KopiSoe Gula Merah yang dibanderol dengan harga Rp 18.000.
Es KopiSoe dengan gula merah. (Foto: Indah Salimin
Untuk rasa, KopiSoe berhasil menyiasati komposisi gula merahnya dengan bijaksana. Kesalahan produk sejenis, biasanya pilihan penggunaan gula merah justru membuat rasanya menjadi mirip dengan kuah es cendol. Tapi, KopiSoe bisa meramunya menjadi pemanis untuk kopi susunya.
Kehadiran rasa khas gula merah baru muncul sebagai after taste setelah kamu selesai meneguknya. Rasa kopinya pun tidak terlalu kuat, cocok untukmu yang gemar ngopi tapi perut lemah terhadap kafein.
ADVERTISEMENT
Logo pinky promis yang khas. (Foto: Indah Salimin)
Kopi Janji Jiwa dengan logo pinky promise yang ikonik ini sudah punya sekitar delapan cabang di Semarang. Keberadaan banyak cabang ini membuat Janji Jiwa mudah dikenal dan menarik perhatian. Selain itu, kopi satu ini menempati urutan teratas dalam jajaran perkopian di pemesanan online melalui Grabfood ataupun Gofood sehingga mereka yang kerap memesan makanan online, nampaknya akan menyadari keberadaan kopi ini.
Es kopi yang rasanya 'ringan'. (Foto: Indah Salimin)
Untuk harga, berbagai menu di Kopi Janji Jiwa berada di kisaran harga Rp 15.000-Rp 30.000. Es kopi susunya dibanderol harga Rp 18.000 per cup. Komposisi dari Kopi Janji Jiwa bisa dibilang 'ringan'. Baik kopi, latte, dan gulanya tidak menimbulkan efek yang 'nendang'.
Jika kamu mencari minuman untuk membuat 'melek', es kopi Janji Jiwa mungkin kurang 'nampar'. Tapi jika kamu ingin minum santai tanpa mengharapkan efek dari kafein yang kuat, es kopi Janji Jiwa adalah pilihan yang tepat.
ADVERTISEMENT
Kopi dengan sentuhan lokal Jawa Tengah. (Foto: Indah Salimin)
Kopi-kopian bisa dibilang sebagai pendatang baru di pangsa kopi Semarang. Produk ini baru membuka gerai pertamanya di Jalan MT Haryono pada bulan Mei lalu. Kopi-kopian hadir dengan keunikannya membawa minuman khas kawasan Jawa Tengah. Nama-nama seperti Es Kopi Boyolali, Es Susu Mblora, Es Kopi Mbubakan akan kamu temukan dalam jajaran menu di kedai kopi ini.
Rp 15.00 saja. (Foto: Indah Salimin)
Untuk es kopinya, Kopi-kopian punya Es Kopi Jatianom yang diracik dari es kopi susu dengan gula jawa. Rasanya unik sekali, seperti kopi susu klasik dari kopi tubruk dengan tambahan susu kental manis, hanya saja tanpa ampas. Harganya pun ramah di kantong, hanya Rp 15.000 per cup. Layak dicoba untukmu yang bosan dengan rasa es kopi susu yang begitu-begitu saja.
ADVERTISEMENT
Berbeda tapi es kopi juga. (Foto: Indah Salimin)
Tidak terpaut lama dari Kopi-kopian, Kopi Teman Kerja baru membuka kedainya pada bulan April lalu di Semarang. Berlokasi di Jalan Veteran, Gajahmungkur, Semarang, kedai ini berada tepat di depan kantor KPU Jawa Tengah. Meski baru buka, kopi satu ini cukup ramai diminati penikmat kafein di Semarang.
Es kopi susu teman kerja. (Foto: Indah Salimin)
Harga minuman di kedai ini berada di kisaran Rp 15.000-Rp 28.000. Untuk es kopi susu original yang diberi nama Es Kopi Susu Bang Teja, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000 saja untuk tiap gelasnya. Komposisi susu dan kopinya pas. Efek kafeinnya pun tak terlalu kuat sehingga tidak membuat perut melilit setelah meminumnya. Ringan dan tepat diminum saat siang hari kala mengantuk dan sibuk di kantor.
ADVERTISEMENT
Kedai kecil dan eye catching. (Foto: Indah Salimin)
Kedai kopi satu ini baru saja membuka cabang Semarang pada bulan Juli lalu. Dua kedai terdahulunya berada di kota Bogor, Jawa Barat. Kedai di Semarang berada di Jalan Mugassari, di dekat Lapangan Tri Lomba Juang. Kedainya kecil, manis dan menarik perhatian, membuat orang-orang yang lewat, jadi ingin mampir dan melihat-lihat.
Espresso-nya mantap. (Foto: Indah Salimin)
Daily Brew punya dua pilihan kopi susu yakni Es Kopi Susu Bu Linda dan Es Kopi Susu Surken. Menurut keterangan sang barista, Es Kopi Susu Bu Linda punya rasa espresso yang lebih kuat dibandingkan Es Kopi Susu Surken. Saya dengan sembrono memilih Es Kopi Susu Bu Linda, yang ternyata rasa espresso-nya terlalu kuat untuk saya.
Untuk kamu yang senang dengan es kopi dengan rasa espresso yang kuat, sepertinya akan menyukai Es Kopi Susu Bu Linda dari Daily Brew ini. Untuk satu gelas es kopi susu ini dibanderol seharga Rp 19.000.
ADVERTISEMENT
***
Itu dia jajaran es kopi susu murah meriah di Semarang. Cocok banget untukmu yang ingin minum es kopi susu di tanggal tua atau di waktu harus berhemat. Kamu sudah nyobain yang mana aja, nih?