Cara Menonaktifkan Talkback Android dengan Cepat dan Mudah

Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 17:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menonaktifkan Talkback Android. foto: Daniel Romero/unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menonaktifkan Talkback Android. foto: Daniel Romero/unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara menonaktifkan Talkback Android agar tidak ada suara dan getaran saat kamu menyentuh layar HP. Cara ini bisa kamu lakukan lewat beberapa metode saja.
ADVERTISEMENT
Talkback adalah fitur dari perusahaan Google yang tersedia dalam smartphone Android. Fitur ini biasa disebut dengan Android Accessibility Suite yang berguna mengeluarkan suara dan bergetar saat menyentuh layar ponsel.
Sebenarnya, fitur ini sangat berguna bagi orang yang memiliki keterbatasan penglihatan. Sebab, fitur ini akan mengarahkan secara detail terkait posisi, jenis, hingga cara menggunakan aplikasi atau fitur pada ponsel.
Namun, saat pengguna tidak memerlukan fitur ini maka bisa menonaktifkannya agar tidak terganggu saat menjalankan aktivitas di ponsel. Jadi, cara menonaktifkan aksesibilitas Talkback pada Android untuk semua merek bisa kamu lihat dan ikuti dalam artikel berikut ini.

Cara Menonaktifkan Talkback Android

Mengutip laman Support Google, untuk menonaktifkan fitur Talkback di Android bisa dilakukan lewat tombol volume, fitur Asisten Google, atau pun lewat pengaturan ponsel. Berikut adalah cara menonaktifkan Talkback Samsung dan HP Android lainnya dengan mudah:
ADVERTISEMENT

1. Lewat Tombol Volume

Ilustrasi Android. foto: Sten Ritterfeld /unsplash
Kamu dapat menggunakan pintasan tombol volume untuk mengaktifkan atau menonaktifkan TalkBack. Gunakan pintasan tersebut saat pertama kali mengaktifkan dan menyiapkan perangkat atau setelah perangkat disiapkan. Berikut adalah cara menonaktifkan talkback Redmi:
Secara default, TalkBack akan mengucapkan karakter sandi, kamu dapat mengubah setelan agar ponsel tidak mengucapkan karakter dalam kolom aman kecuali jika terhubung dengan headphone.
ADVERTISEMENT

2. Lewat Pengaturan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan Talkback adalah dengan mengubah setting pada pengaturan ponsel. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

3. Lewat Asisten Google

Ilustrasi cara menonaktifkan Talkback Android. foto: BENCE BOROS/unsplash
Google juga menghadirkan fitur menarik di Android, yaitu Assistant Google yang bisa membantu penggunanya untuk mengakses fitur dan aplikasi hanya dengan mengucapkan suara saja.
Asisten Google bisa bantu menyetel alarm dan pengingat, mengelola jadwal, mencarikan jawaban, memberikan rute navigasi, mengontrol perangkat smart home selagi kamu di luar, dan sebagainya.
Bahkan, kamu bisa mencobanya saat ingi mengirim pesan ke temanmu dengan mengucap "kirim pesan" dengan menyebut nama temanmu.
ADVERTISEMENT
Nah, jika ingin menonaktifkan fitur Talkback juga bisa memanfaatkan Asisten Google ini. Cukup dengan ucapkan "“Ok Google”, lalu ucapkan “Nonaktifkan TalkBack”.
Nantinya, sistem pada ponsel akan melakukan perintah dari ucapanmu tadi. Dengan begitu, fitur Talkback sudah tidak aktif lagi. Demikian tutorial cara menonaktifkan Talkback Android jika kamu sudah tidak membutuhkannya lagi.
(SAN)