Cara Menghapus Cache Chrome di Laptop, Komputer, dan HP

Konten dari Pengguna
10 November 2022 12:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mencari informasi di Google Chrome. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencari informasi di Google Chrome. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara menghapus cache Chrome penting diketahui bila kamu sering berselancar di Internet. Sebab, cache atau singgahan akan bertambah seiring aplikasi ataupun Internet dibuka di peramban. Tak hanya di ponsel, cache juga ditemukan di komputer maupun laptop.
ADVERTISEMENT
Mengutip Sematext, cache adalah lokasi penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan sementara data yang digunakan server, aplikasi, maupun browser untuk mempercepat waktu pemuatan.
Disadur dari kumparanTECH, setidaknya ada empat jenis cache yang umum dikenal, di antaranya cache browser, cache disk, cache memori, dan cache prosesor. Biasanya, keempat cache itu berjalan di latar belakang sehingga sering tak disadari oleh penggunanya.
Meski bermanfaat, keberadaan cache mampu menghabiskan ruang penyimpanan perangkat. Lalu, bagaimana cara menghapus cache Chrome? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Menghapus Cache Chrome

Cache memang berukuran kecil, tetapi bila kamu tak menghapusnya secara berkala hal itu bisa memenuhi penyimpanan perangkat. Lebih parahnya, beberapa fungsi aplikasi bisa tak berjalan lancar akibat penyimpanan perangkat yang terlalu penuh.
ADVERTISEMENT
Inilah mengapa, menghapus cache di aplikasi maupun peramban adalah salah satu metode yang penting dilakukan untuk melonggarkan penyimpanan perangkat.
Cara untuk menghapus cache di Chrome bisa dilakukan melalui laptop atau komputer maupun ponsel Android dan iOS. Dihimpun dari laman Support Google, berikut uraian metodenya masing-masing.

Cara Menghapus Cache Chrome di Laptop atau Komputer

Ilustrasi menerapkan cara menghapus cache Chrome di laptop. Foto: Unsplash.com
Chrome merupakan salah satu peramban yang umum digunakan di banyak perangkat, termasuk laptop atau komputer. Untuk menghapus tumpukan cache Chrome di laptop atau komputer, ikuti langkah berikut.
ADVERTISEMENT

Cara Menghapus Cache Chrome di Android

Tak jauh berbeda dengan peramban di komputer atau laptop, cara menghapus cache Chrome di Android pun dapat dengan mudah dilakukan. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Menghapus Cache Chrome di iOS

Ilustrasi Chrome di iPhone. Foto: Unsplash.com
Sebenarnya, menghapus cache di iOS juga tak jauh berbeda dengan Android. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Itulah tiga cara menghapus cache Chrome di berbagai perangkat. Kamu bisa menyesuaikan metode di atas sesuai perangkat pribadi. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!
(ANM)