Cara Mengatasi Printer Ready tapi Tidak Bisa Print

Konten dari Pengguna
27 Agustus 2021 9:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi printer. Foto: Epson
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi printer. Foto: Epson
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print bisa kamu lakukan lewat fitur Command Prompt atau memeriksa perangkat printer itu sendiri. Cara ini tergantung dari penyebab printer tersebut berhenti.
ADVERTISEMENT
Printer merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencetak gambar, data, atau tulisan ke selembar kertas. Perangkat ini sangat penting untuk membuat berbagai dokumen, seperti surat perizinan, penelitian ilmiah, buku, dan dokumen fisik lainnya.
Sayangnya, printer yang sudah ready terkadang tidak bisa bekerja dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah cara mengatasi printer tidak mau nge-print yang dikutip dari PCMag:

Cara Mengatasi Printer Ready tapi Tidak Bisa Print

1. Hapus Antrean

Cara mengatasi printer Epson ready tapi tidak bisa print adalah dengan mengatur sistem antrean printer. Terkadang, antrean cetak dari PC bisa mengalami macet.
Hal tersebut dikarenakan dokumen sebelumnya yang gagal dicetak atau mengalami suatu masalah. Untuk mengatasi printer yang macet, berikut adalah caranya:
ADVERTISEMENT
Ilustrasi cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print. Foto: PCMag

2. Gunakan Command Prompt

Selain menghapus antrean secara manual, cara mengatasi printer Canon ready tapi tidak bisa print adalah melalui fitur Command Prompt.
Fitur yang biasa disebut CMD ini juga mampu menghapus printer yang macet melalui cara berikut:

3. Periksa Jaringan

Jika kamu menggunakan printer tanpa kabel (wireless), pastikan jaringan yang terhubung ke printer cukup kuat. Jika jaringan terdeteksi terlalu lemah, maka bisa dekatkan printer ke router lebih dekat.
ADVERTISEMENT
Jika printer kamu belum terhubung dengan laptop atau PC, maka perlu menambahkannya melalui cara mengatasi printer HP ready tapi tidak bisa print:

4. Memeriksa Kertas

Ilustrasi cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print. Foto: George Milton via Pexels
Salah satu penyebab printer tidak bisa print adalah kertas yang tidak terbaca. Jika printer tidak bisa mendeteksi kertas, coba keluarkan wadah kertas dan luruskan kembali kertas saat dimasukkan ke dalam printer.
Selain itu, beberapa printer ready tapi tidak merespons jika ada kertas yang rusak atau terlipat.

5. Memeriksa Tinta

Meski tinta sudah hampir habis, beberapa printer masih akan menunjukkan status ready. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memeriksa tinta printer secara berkala.
ADVERTISEMENT
Selain habis, printer juga tidak akan bekerja jika selang tinta tersumbat atau kotor. Kamu bisa membersihkan wadah tinta atau selang tita dengan tisu basah.
Setelah tinta mulai mengalir lancar, segera usap dengan handuk kering dan kembali hubungkan selang dengan tinta.
Itulah beberapa cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print. Sekarang kamu bisa print berbagai berkas dan tidak perlu khawatir lagi jika printer macet.
(MRT)