Cara Mengatasi Error Code Out of Memory pada Google Chrome

Konten dari Pengguna
12 Maret 2023 18:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Cara Mengatasi Error Code Out of Memory. Foto: Shutterstock.
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengatasi Error Code Out of Memory. Foto: Shutterstock.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat mengakses Internet melalui peramban Google Chrome, terkadang terjadi error code out of memory. Cara mengatasi error code out of memory tersebut bisa dilakukan dengan berbagai metode.
ADVERTISEMENT
Error code out of memory muncul dengan dua pesan notifikasi ‘Aw, snap! Something went wrong while displaying this web page. Error code: Out of memory’ atau ‘Aw, snap! Google Chrome ran out of memory while trying to display this web page.’
Keduanya memiliki arti yang sama, yakni peramban kekurangan memori untuk membuka situs yang dimaksud. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, simak terlebih dulu penyebab dari error code out of memory pada paparan berikut.

Penyebab Error Code Out of Memory

Penyebab Error Code Out of Memory. Foto: Dokumentasi Windows Club.
Menyadur laman The Windows Club, error code out of memory pada Google Chrome bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari data cache dan cookie yang kedaluwarsa dan menumpuk hingga terlalu banyak tab yang dibuka.
ADVERTISEMENT
Ekstensi peramban yang mengalami masalah juga bisa memicu munculnya galat tersebut. Kendala ini juga disebabkan oleh berkas sementara yang menumpuk pada perangkat dan versi peramban yang kedaluwarsa dan perlu dimutakhirkan.
Melalui artikel ini, How To Tekno sudah merangkum cara mengatasi error code out of memory yang bisa dicoba sendiri. Simak metodenya di bawah ini.

Cara Mengatasi Error Code Out of Memory

Cara mengatasi Error Code Out of Memory. Foto; Unsplash.com.
Dirangkum dari laman Support Google, cara mengatasi error code out memory pada peramban Chrome bisa dilakukan dengan metode berikut ini.

1. Tutup Beberapa Tab

Membuka tab peramban yang terlalu banyak dapat menyebabkan pengalaman menjelajah Internet menjadi lambat. Akan lebih baik, tutup tab yang sudah tidak dipakai untuk memulihkan sebagian memori Google Chrome.
ADVERTISEMENT
Trik lainnya, kamu bisa membuka 4 hingga 5 tab dalam satu Chrome dan sisanya bisa di jendela Chrome yang baru. Dengan mengelola tab yang terbuka, kamu bisa menghemat memori peramban.

2. Coba Mode Ignito

Alternatif selanjutnya, kamu bisa mencoba mode incognito atau penyamaran untuk menonaktifkan semua ekstensi yang berjalan di latar belakang. Seperti yang disebutkan di atas, ekstensi yang terpasang pada Google Chrome kadang menimbulkan masalah.
Aktifkan mode incognito dengan menekan tombol CTRL +Shift+N. Selanjutnya, coba kunjungi situs yang mengalami error code out of memory.

3. Kelola Ekstensi

Selanjutnya, kamu bisa menonaktifkan ekstensi yang terpasang pada peramban Chrome. Lalu, aktifkan satu per satu untuk mengetahui ekstensi yang menyebabkan masalah tersebut. Berikut langkah-langkahnya
ADVERTISEMENT

4. Mulai Ulang Peramban

Selanjutnya, kamu bisa memulai ulang peramban. Simpan semua pekerjaan yang sudah dilakukan agar tidak hilang. Setelah menutup semua jendela Chrome, tunggu beberapa saat dan buka kembali untuk menggunakannya.
Menghapus cache dan cookie peramban dapat membantu meningkatkan kinerja browser dan memperbaiki beberapa masalah. Berikut caranya:
Demikian cara mengatasi error Code Out of Memory pada Google Chrome. Semoga membantu.
ADVERTISEMENT
(IPT)