3 Cara Uninstall Aplikasi di PC Windows 10 dan Windows 11

Konten dari Pengguna
20 Desember 2022 16:40 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara uninstall aplikasi di PC. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara uninstall aplikasi di PC. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara uninstall aplikasi di PC penting diketahui bila kapasitas penyimpanan perangkat penuh maupun ada aplikasi yang sudah tak digunakan. Melalui cara ini pula, kamu bisa mengoptimalkan kinerja PC agar lebih lancar saat dioperasikan.
ADVERTISEMENT
Aplikasi yang terpasang di sebuah perangkat memungkinkan untuk dihapus saat sudah tak diperlukan agar bisa meningkatkan keamanan sistem.
Mengutip PCMag, Windows 10 dan Windows 11 telah menyertakan opsi uninstall bawaan melalui menu Start, Settings, dan Control Panel. Untuk mengetahui uraian metodenya lebih lanjut, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

3 Cara Uninstall Aplikasi di PC di Windows 10 dan Windows 11

Ilustrasi mencoba cara uninstall aplikasi di PC. Foto: Unsplash.com
Cara menghapus aplikasi di PC terbilang mudah dan tak memakan waktu lama. Menghimpun laman Support Microsoft, berikut 3 cara uninstall aplikasi di PC di Windows 10 dan Windows 11 yang bisa kamu praktikkan.

Melalui Start

Menu Start merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai program maupun aplikasi secara praktis dan cepat. Untuk menghapus aplikasi di PC Windows 10 melalui Start, ikuti langkah berikut ini.
ADVERTISEMENT
Sementara bagi pengguna Windows 11, mencopot aplikasi melalui Start bisa dilakukan melalui langkah mudah di bawah ini.

Melalui Settings

Melakukan pengaturan aplikasi termasuk menghapusnya juga dapat dilakukan melalui menu Settings. Untuk pengguna Windows 10, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.
ADVERTISEMENT
Adapun bagi pengguna Windows 11, menghapus aplikasi melalui menu Settings bisa melalui langkah berikut ini.

Melalui Control Panel

Control Panel merupakan sebuah jendela program yang berfungsi mengatur pengendalian sistem di komputer atau laptop, termasuk menghapus aplikasi maupun program. Untuk menghapus aplikasi melalui Control Panel di Windows 10, berikut langkah yang bisa dicoba.
ADVERTISEMENT
Sementara bagi pengguna Windows 11, mencopot aplikasi melalui Control Panel bisa kamu ikuti sesuai cara di atas karena metodenya tidak jauh berbeda dengan di Windows 10.
Itulah tiga cara uninstall aplikasi di PC Windows 10 dan Windows 11 yang bisa kamu coba. Cukup mudah, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat!
(ANM)