XL Axiata Perkuat Jaringan di Tol Balikpapan-Samarinda, Kaltim

Konten Media Partner
3 Juli 2020 17:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Teknisi sedang melakukan pemeliharaan salah satu infrastruktur jaringan-BTS milik XL Axiata yang berada di sekitar Tol Balikpapan-Samarinda. Foto: Dok XL Axiata
zoom-in-whitePerbesar
Teknisi sedang melakukan pemeliharaan salah satu infrastruktur jaringan-BTS milik XL Axiata yang berada di sekitar Tol Balikpapan-Samarinda. Foto: Dok XL Axiata
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Pontianak - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mempercepat penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi di Kalimantan Timur. Salah satu proyek kini dikebut adalah memperkuat jaringan telekomunikasi dan data sepanjang jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Tol Balsam) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo.
ADVERTISEMENT
Sebanyak lebih dari 190 BTS XL Axiata telah beroperasi melayani pengguna tol pertama di Kalimantan sepanjang 99,35 km tersebut.
Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, sejak pemerintah resmi menedapatkan calon ibu kota negara baru di Kaltim, pihaknya fokus mempersiapkan infrastruktur dan ekosistem jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut. Menurutnya, keberadaan Tol Balsam tentunya akan sangat vital bagi mobilitas masyarakat Kalimantan Timur saat ini dan ke depan, apalagi saat nanti pembangunan ibu kota negara yang baru di wilayah Penajam Paser Utara sudah mulai dikerjakan.
"Karena itu, kami terus melakukan pembangunan jaringan di sepanjang Tol Balsam agar nanti bisa secara maksimal memenuhi kebutuhan pelanggan di sana," kata I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulis yang diterima Hi!Pontianak, Jumat (3/7).
XL Axiata tower. Foto: Dok XL Axiata
Saat ini, pengguna Tol Balsam sudah bisa menikmati layanan XL Axiata yang didukung lebih dari 190 BTS, termasuk lebih dari 80 BTS, di antaranya adalah BTS 4G LTE. I Gede Darmayusa mengatakan, pembangunan jaringan masih akan terus dilakukan seiring dengan kebutuhan pelanggan yang menggunakan jalan bebas hambatan tersebut, serta masyarakat yang bermukim di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
"Jaringan data XL Axiata telah tersedia di 9 kota dan kabupaten di Kalimantan Timur dengan dukungan total lebih dari 2.200 BTS, termasuk lebih dari 890 BTS merupakan BTS 4G LTE," ucap I Gede Darmayusa.
Kabupaten dan kota yang sudah terlayani jaringan data XL Axiata di Kaltim, yaitu Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser dan Penajam Paser Utara. Selain itu, XL Axiata juga siap membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi sesuai dengan rencana pemerintah yang akan membangun jalan tol baru terusan dari Samarinda-Bontang sepanjang 60 km yang nantinya akan menghubungkan wilayah ibukota negara baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara serta juga akan terkoneksi dengan jalan Tol Balsam.
ADVERTISEMENT
"XL Axiata juga tengah gencar melaksanakan proyek fiberisasi di seluruh Kalimantan. Hingga saat ini jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 5.000 km dan mencakup 212 BTS," ungkap I Gede Darmayusa.