Wali Kota Pontianak Kenalkan Kopi Robusta Lewat Kopi Bang Edi

Konten Media Partner
10 Juni 2019 16:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penampakan bar dan kopi Bang Edi. Foto: instagram @rumah_kopibangedi
Hi!Pontianak - Menjamurnya trend nongkrong dan ngopi di Kota Pontianak menghasilkan hal positif dan harus dimanfaatkan. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memanfaatkan peluang ini dengan membuka warung kopi.
ADVERTISEMENT
Brand kopi yang disajikan adalah Rumah Kopi Bang Edi, yang berlokasi di Jalan Sepakat 1, Pontianak. Saat diwawancarai oleh wartawan Hi!Pontianak, Edi mengatakan selain mendapat keuntungan materi, membuka warung kopi jadi bentuk dari kepuasan batin tersendiri, pasalnya Walikota Pontianak ini juga gemar menyeruput kopi.
Rumah Kopi Bang Edi sudah buka sejak empat tahun yang lalu, menyajikan biji kopi robusta yang ditanam di perkebunan kopi milik sendiri, yang berada di Rasau, Kabupaten Kubu Raya. Hal ini dilakukan Edi untuk menginspirasikan anak muda di Pontianak untuk membuka bisnis kopi. Edi juga menceritakan kegemarannya menyeruput kopi robusta. "Saya suka kopi robusta, yang rasanya tidak asam, tapi pahit," kata Edi.
Bisnis yang termasuk home industry ini, dimulai dari proses pengolahan penanaman kopi, hingga proses roasting dan menjadi secangkir kopi yang nikmat. Edy mengaku, hingga kini warung kopi miliknya berhasil memperkerjakan 15 orang karyawan dari anak muda Pontianak. "Sekarang sudah ada 15 tenaga kerja, artinya saya kan memberikan peluang kerja bagi anak-anak muda Pontianak, bisa menghasilkan. Intinya ini adalah kepuasan, dan agar bisa memberikan manfaat yang baik tentunya," kata Edi.
ADVERTISEMENT
Rian Dwi Septiawan, Barista di Kota Pontianak juga mengatakan kopi yang disajikan oleh Rumah Kopi Bang Edi cukup menarik. "Jadi kopi Bang Edi itu dikemas dengan beans robusta ya, berbeda dari beans coffeeshop biasanya. Beans kopi Bang Edi itu citarasanya unik, ada rasa buah nangkanya, mungkin itu ditanam di kawasan dekat pohon nangka ya, karenakan Bang Edi juga menanam sendiri. Terus yang katanya Pontianak lahannya tidak support untuk menanam kopi, tetapi Bang Edi berhasil membuktikannya. Intinya kopi Bang Edi khas bangetlah," kata Rian, kepada wartawan Hi!Pontianak.
Trend nongkrong di warung kopi di Pontianak, sudah sejak dulu menjadi peluang usaha bagi seluruh warga Kota Pontianak. Dengan membuka bisnis warung kopi, Edi telah memperkenalkan kopi robusta dari Pontianak, dia juga bangga karena telah menyumbangkan ruang minum kopi dan ikut mengapresiasi budaya minum kopi di Pontianak. Hingga kini, suatu kawasan di Kota Pontianak sudah menjadi icon "Gajahmada Coffeestreet" yang menjadikan Pontianak dijuluki sebagi Kota Seribu Warung Kopi. (Hp8)
ADVERTISEMENT