Viral Warga Main Latto-Latto Pakai Tabung Gas LPG, Ini Bahayanya

Konten Media Partner
31 Desember 2022 12:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tangkap gambar warga memainkan latto-latto dengan tabung gas LPG 3 kg. Foto: Dok Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Tangkap gambar warga memainkan latto-latto dengan tabung gas LPG 3 kg. Foto: Dok Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Pontianak - Permainan latto-latto saat ini sedang ramai dimainkan, dan viral di media sosial. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa banyak yang ikut bermain permainan tradisional ini.
ADVERTISEMENT
Permainan latto-latto identik dengan dua bola kecil sebagai pemberat, terikat dengan tali, dan cincin di atasnya. Bunyi dari pantulan kedua bola kecil tersebut kini menjadi sorotan di media sosial.
Saking viralnya, permainan latto-latto ini juga diparodikan dengan benda lainnya. Seperti yang beredar luas di media sosial, tampak seseorang mengikat dua tabung gas melon dalam satu tali dan dimainkan layaknya seperti bermain latto-latto.
Lalu apakah tabung gas 3 kilogram yang saling dibenturkan itu membahayakan?
Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menyebutkan, tabung gas LPG itu tidak boleh dibanting atau dibenturkan.
Jika tabung gas melon ini dibenturkan, dikhawatirkan dapat menimbulkan percikan api, yang berpotensi pemain dapat tersambar gas dari tabung LPG yang keluar.
ADVERTISEMENT
“Dilihat dari aspek HSSE, atau aspek keselamatan dan keamanan, tabung gas LPG tidak boleh dibanting atau dibenturkan ke sesama tabung, atau bahan lain yang berbahan baja, karena dikhawatirkan akan menimbulkan percikan api, yang dapat berpotensi tersambar gas jika ada yang keluar,” jelas Irto, Sabtu, 31 Desember 2022.
Selain potensi tersebut, Irto mengatakan, membanting atau membenturkan tabung gas LPG juga bisa menyebabkan kerusakan pada tabung itu sendiri.
“Membenturkan tabung gas LPG ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada tabung itu sendiri, misalkan penyok atau merusak valve, dan kerusakan valve ini bisa menyebabkan kebocoran gas,” tukasnya.