Senyawa, Duo Eksperimental Kontemporer Akan Tampil di Pontianak

Konten Media Partner
23 Februari 2020 16:39 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Senyawa. Foto: Dok Hi!Pontianak
Hi!Pontianak - Di penghujung Februari, ada kabar gembira bagi penikmat musik di Kalimantan Barat. Duo expermintal kontemporer asal Yogjakarta, Senyawa, dikabarkan akan mengelar konser di Pontianak pada Kamis (27/2) mendatang, di Canopy Center Pontianak.
ADVERTISEMENT
Konser tunggal Senyawa ini merupakan rangkaian Tur Nusantara Chapter 1 yang juga digelar Makassar Denpasar, dan Bantul. "Diharapkan babak pertama dari tur nusantara ini bisa menghasilkan banyak pelajaran bagi Senyawa untuk bekal menjalani babak-babak selanjutnya yang akan mencakup sebagian besar tempat di seluruh pelosok nusantara, dan menjadi bola salju yang akan semakin besar seiring waktu sehingga dampaknya akan lebih nyata, tak hanya dalam perkembangan musik independen tapi juga dalam daya hidup dan kemandirian masyarakat muda di seluruh nusantara." ungkap Senyawa dalam siaran rilis yang diterima Hi!Pontianak, Minggu (23/2).
Konsep acaranya nanti tidak hanya sekedar konser, namun ada talkshow. Namun, pihak panitia hanya membatasi 150 penonton. "Mereka akan tampil sekitar 90 menit. Harga tiket Rp 25 ribu, bisa langsung beli di tempat berlangsungnya acara, atau menghubungi panitia," kata Bian dari Tune On, selaku pihak penyelenggara.
ADVERTISEMENT
Penampilan Senyawa di sebuah panggung. Foto: Dok Hi!Pontianak
Band yang digawangi oleh Rully Shabara dan Wukir sejak tahun 2010 ini, tidaklah seperti band-band pada umumnya. Mereka menciptakan beragam bunyi-bunyian, terinspirasi dari mana saja. Mulai dari lingkungan, alam, hingga benda-benda di sekitar. Sedangkan dari segi lirik, lagu-lagu Senyawa mengambil tema budaya Jawa dan Sulawesi, yang mana dianggap sebagai budaya yang cukup kental di Tanah Air.
Saat baru terbentuk, band bergenre eksperimental asal Yogyakarta ini bahkan sudah berhasil memikat pendengar mancanegara dengan mendapat undangan tampil di Melbourne Jazz Festival 2011.
Selama 10 tahun di industri musik, tercatat sudah lebih dari 30 negara yang mereka singgahi. Adapun negara-negara yang pernah didatangi tersebut di antaranya Singapura, Malaysia, Australia, Rumania, Inggris, hingga Prancis.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, Senyawa juga pernah menggaet musisi luar negeri untuk berkolaborasi. Salah satunya, Charles Cohen, musisi asal Philadelphia, untuk singlenya yang berjudul 'Di Kala Sudah', yang dirilis pada 2014.
Poster konser Senyawa di Pontianak. Foto: Dok Hi!Pontianak