Hindari, 3 Hal Ini Dapat Memperparah Bau Mulut

Konten Media Partner
25 April 2021 11:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bau mulut. Foto: Thinkstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bau mulut. Foto: Thinkstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Sakinah - Selama berpuasa, dalam waktu 12 jam lebih kita tidak minum dan makan. Hal tersebut membuat mulut menjadi kering, yang menyebabkan produksi saliva atau air liur berkurang. Jika produksi saliva berukang, makan fungsi dari saliva pun ikut berkurang.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, aktivitas antimikroba menjadi berkurang dan kuman pun semakin banyak, sehingga terjadi perubahan aktivitas mikroorganisme di dalam rongga mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.
Dokter Clarin Hayes, dalam unggahan di kanal YouTube-nya memberikan penjelasan mengenai 3 hal yang dapat memperparah bau mulut selama puasa. Berikut di antaranya:
1. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi
Bau mulut bisa bertambah parah jika seseorang tidak menjaga kebersihan gigi, gusi, dan lidah. Atau lebih tepatnya tidak menyikat gigi dengan benar. Menyikat gigi dianjurkan setiap habis makan dan sebelum tidur, agar tidak ada sisa-sisa makanan yang masih menyangkut di sela-sela gigi. Sikatlah gigi dengan teknik memutar selama 15 detik di setiap gigi dan 45 derajat, serta gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
ADVERTISEMENT
2. Merokok
Merokok secara signifikan mengurangi produksi saliva atau air liur, sehingga erat kaitannya dengan xerostomia atau mulut kering dan halitosis atau bau mulut. Karena adanya respon dari reseptor nikotin di dalam mulut, dapat menurunkan sensitivitas reseptor kepekaan rasa dan menyebabkan refleks air liur tertekan. Akhirnya, kualitas dari air liur pun berkurang, lebih kental, sehingga peran perlindungan air liur terhadap kuman juga ikut menurun.
3. Minum kopi
Minum kopi dapat menyebabkan mulut kering, di mana hal ini dapat memperparah bau mulu karena kopi mengandung kafein. Kefein bersifat diuretik atau mengeluarkan cairan dalam tubuh, selain itu tanin yang ada di dalam kopi dapat menyebabkan sensasi astringency yang menyebabkan mulut kering setelah minum kopi. Jadi sebaiknya, sebelum dan sesudah minum kopi, minum lah air putih yang cukup supaya bisa menggantikan cairan yang keluar.
ADVERTISEMENT