Bubur Ayam 899 Jadi Pilihan Menarik Kuliner Tengah Malam di Pontianak

Konten Media Partner
17 Mei 2023 13:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bubur Ayam 899 ini berlokasi di simpang Jalan Gajahmada, GM Coffee Street, dan buka setiap hari 24 jam. Foto: Siti Annisa/ Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Bubur Ayam 899 ini berlokasi di simpang Jalan Gajahmada, GM Coffee Street, dan buka setiap hari 24 jam. Foto: Siti Annisa/ Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Pontianak - Bubur tidak hanya nikmat disantap saat pagi hari, namun kuliner yang satu ini juga banyak diburu saat malam hari tiba. Bubur Ayam 899 menjadi salah satu pilihan kuliner tengah malam bagi warga Pontianak.
ADVERTISEMENT
Bubur Ayam 899 menyediakan bubur yang cukup berbeda dari bubur ayam pada umumnya. Di sini, pengunjung bisa menyantap semangkuk bubur ayam yang dimasak menggunakan kaldu ayam agar bubur terasa lebih gurih dan wangi.
Sherly, pemilik Bubur Ayam 899 mengatakan, pembuatan bubur ayam dimasak langsung ditempat. Jadi, pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatan bubur.
"Iya kita bikin buburnya langsung di sini. Ini lagi mengukus ayamnya biar lembut. Bisa liat juga proses buat buburnya," ujarnya kepada Hi!Pontianak, Rabu, 17 Mei 2023.
Bubur Ayam 899 menggunakan topping ayam cincang, telur dadar, telur rebus kecap, dan cakwe kering. Bubur ayam ini juga diberi kuah kecap kaldu yang bikin rasa bubur menjadi lebih gurih dan asin.
ADVERTISEMENT
Proses pembuatan ayam cincang juga cukup unik. Sherly mengungkapkan, sebelum di cincang ayam direbus terlebih dahulu hingga empuk. Setelah itu, ayam digoreng lalu di kukus hingga lembut. Kemudian, ayam dimasak cincang dengan sawi asin agar kecoklatan.
"Kita pakai ayam cincang, terus rebusan ayamnya itu kita pakai buat masak bubur biar lebih wangi. Terus kita pakai topping telur dadar yang kita masak pakai sahang dan kecap ikan, ada telur rebus kecap, sama cakwe kering. Jadi, kita gak pakai kerupung karena udah ada cakwe kering," ungkapnya.
Bubur Ayam 899. Foto: Siti Annisa/Hi!Pontianak
Semangkuk Bubur Ayam 899 ini dibanderol seharga Rp 15 ribu. Jika menggunakan telur rebus kecap seharga Rp 20 ribu. Jangan khawatir, Bubur Ayam 899 ini halal untuk dikonsumsi.
ADVERTISEMENT
Menariknya, Bubur Ayam 899 terkenal dengan nama 'Bubur Lonte'. Bukan tanpa alasan, Sherly mengatakan banyak warga Pontianak yang menyebutnya seperti itu. Menurutnya, karena Bubur Ayam 899 ini buka 24 jam. Biasanya, banyak yang mampir ke tempat ini di tengah malam.
"Saya juga gak tau ya kenapa banyak yang bilang bubur lonte, takut salah paham. Tapi, kayaknya karena kita buka 24 jam. Biasanya ya banyak yang makan tengah malam di sini," katanya.
Selain itu, Sherly juga mengatakan, bubur ayam ini merupakan generasi dari tahun ke tahun, dari tahun 80-an. Hanya saja nama tempatnya selalu berganti, tergantung si pemilik. Bubur Ayam 899 juga baru saja buka pada 2021 lalu.
"Sebenernya bubur ini dari tahun ke tahun, generasinya kalau gak salah dari tahun 80 ya. Cuma kita baru buka tahun 2021 dan buka 24 jam. Biasanya ramai," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Bubur Ayam 899 ini berlokasi di simpang Jalan Gajahmada, GM Coffee Street, dan buka setiap hari 24 jam.