Bela Peladang, 1.000 Massa Gelar Aksi Damai di PN Sintang

Konten Media Partner
21 November 2019 9:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Massa aksi damai bela peladang mulai menyiapkan diri di Balai Kenyalang sebel bertolak ke PN Sintang. Foto: Yusrizal/Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Massa aksi damai bela peladang mulai menyiapkan diri di Balai Kenyalang sebel bertolak ke PN Sintang. Foto: Yusrizal/Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Pontianak - Pagi ini, berbagai elemen masyarakat akan menggelar aksi damai bela peladang di Pengadilan Negeri Sintang. Aksi tersebut untuk mengawal proses persidangan 6 peladang yang menjadi terdakwa kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
ADVERTISEMENT
Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang Jeffay Edward mengatakan, sekitar 1.000 orang akan mengikuti aksi damai tersebut. Massa tak hanya dari Sintang, ada juga yang datang dari kabupaten lain.
“Kami sampaikan ke aparat bahwa massa yang akan datang sekitar 1.000 orang. Tapi kemungkinan lebih dari jumlah itu,” kata Jeffray, Kamis (21/11).
PN Sintang dikawal ketat aparat. Foto: Yusrizal/Hi!Pontianak
Ia mengatakan, aksi damai itu untuk menyampaikan aspirasi agar peladang dibebaskan dari tuntutan hukum. “Saya berharap aksi berjalan aman dan damai. Tidak ada yang anakris. Kita sama-sama menjaga, makanya kami minta dukungan aparat untuk melakukan pengamanan,” ungkapnya.
Sementara itu, untuk mengamankan aksi damai di PN Sintang, sejak Kamis pagi, pihak kepolisian melakukan rekayasa arus. Akses menuju PN Sintang tidak bisa menggunakan kendaraan, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.
Massa datang tidak hanya dari Sintang, melainkan juga dari kabupaten lain. Foto: Yusrizal/Hi!Pontianak
Massa mulai berkumpul untuk memberikan dukungan kepada peladang yang didakwa dalam kasus karhutla di Sintang, Kalbar. Foto: Hi!Pontianak
Diperkirakan 1.000 massa akan memberikan dukungan kepada peladang. Foto: Yusrizal/Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT