Rambut Hijabers Mudah Rontok? Yuk Atasi dengan Manfaatkan Minyak Kemiri

Hijab Lifestyle
All about hijab.
Konten dari Pengguna
6 Juli 2021 14:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Manfaat minyak kemiri untuk rambut rontok. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat minyak kemiri untuk rambut rontok. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Permasalahan pada rambut idak hanya terjadi kepada mereka yang tidak berhijab. Justru, mereka yang berhijab lah yang sering kali mengalami banyak permasalahan rambut. Pasalnya, rambut seharian tertutup oleh hijab, sehingga tidak dapat leluasa bernapas.
ADVERTISEMENT
Masalah rambut rontok, kerap kali menghampiri wanita berhijab. Maka dari itu, wanita berhijab tetap harus rutin merawat rambutnya agar kerontokan tidak mudah terjadi dan bisa menyebabkan rambut menipis.
Selain dikarenakan rambut sering ditutup oleh hijab, kerontokan rambut bisa terjadi karena langsung menyisir rambut ketika masih basah. Sebab, rambut basah akan lebih mudah patah dibandingkan rambut kering.
Nah, untuk mengatasi kerontokan rambut bagi wnaita berhijab, kamu bisa manfaatkan bahan alami dan minim risiko berbahaya, yaitu kemiri. Kemiri diyakini mampu memberikan kesehatan pada rambut. Mulai dari menghilangkan ketombe, menghilangkan kutu rambut, dan mengatasi kerontokan rambut.
Tapi, bagaimana sih cara menggunakan dan memanfaatkan kemiri untuk mengatasi rambut rontok? Simak penjelasannya di sini, yuk hijabers.
ADVERTISEMENT
1. Bakar biji kemiri
Salah satu cara memanfaatkan kemiri untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan membakar biji kemiri.
Pilih biji kemiri dengan kualitas yang mash bagus. Lalu, bakar kemiri tersebut sampai gosong. Setelah itu, blender kemiri yang sudah dibakar sampai keluar minyaknya. Nah, inyak itulah yang dapat dipakai untuk mengatasi kerontokan rambut.
2. Sangrai biji kemiri
Cara memanfaatkan biji kemiri untuk rambut rontok selanjutnya adalah dengan mengsangrai biji kemiri.
Caranya cukup mudah, kamu pilih beberapa buah biji kemiri yang masih bagus dan tumbuh sampai halus. Setelah itu, sangrai kemiri yang sudah ditumbuh sampai mengeluarkan minyak. Kemudian, tampung minyak di wadah khusus dan diamkan hingga sudah lebih dingin.
Minyak kemiri yang sudha dingin tersebut, bisa kamu oleskan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat agar meresap. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.
ADVERTISEMENT
Cara ini bisa kamu lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu ya, untuk hasil yang maksimal.
3. Oven biji kemiri
Cara selanjutnya adalah dengan mengoven biji kemiri. Pilih beberapa biji kemiri, kemudian panaskan dalam oven selama 15 menit. Setelah sudah 15 menit, keluarkan dan diamkan beberapa menit pada suhu ruangan. Tumbuk biji kemiri, kemudian masukkan ke dalam toples atau wadah khusus. Jemur di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar. Biasanya ini dilakukan maksimal semalam 2 minggu. Minyaknya, bisa kamu olehkan ke kulit rambut dan dipijat-pijat selama 20-30 menit dan bilas dengan air hangat.
Jika minyak kemiri masih tersisa, kamu bisa simpan di dalam kulkas untuk digunakan kembali.
4. Parut biji kemiri
ADVERTISEMENT
Cara terakhir yaitu dengan memarut biji kemiri.
Parut atau blender biji kemiri. Tambahkan air secukupnya. Setelah itu, peras dan ambil airnya. Simpan di tempat atau wadah tertutup. Diamkan selama 24 jam atau satu hari penuh. Setelah itu, olah atau masak air perasan tersebut sampai mengeluarkan minyak.
Nah, hijabers yang memiliki permasalahan rambut rontok, bisa memilih salah satu alternatif di atas. Lakukan dengan rutin sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat, ya!