Apa Sih Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Kesemutan?

Hijab Lifestyle
All about hijab.
Konten dari Pengguna
14 September 2018 8:05 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Assalamu’alaikum ukhti, Kamu pasti pernah merasakan kesemutan. Rasanya sedikit geli, dan terkadang membuat kita sulit untuk menggerakan bagian tubuh kita yang kesemutan itu. Jika tersentuh sedikit saja rasanya ngilu seakan semut itu berkumpul di satu tempat. Nah kamu penasaran tidak sih, sebenarnya apa yang terjadi pada pada anggota tubuh kita saat merasa kesemutan?
Foto : Pixabay
ADVERTISEMENT
Istilah keren dari kesemutan adalah paresthesia. Hal ini bisa terjadi karena saraf yang ada di anggota tubuh kita “kurang asupan makanan” sehingga mengirim sinyal berupa kesemutan ini. Setiap sel di tubuh manusia membutuhkan makanan berupa nutrisi dan oksigen untuk berfungsi normal, termasuk jaringan saraf yang ada di tangan dan kaki kita. Sekarang coba kita ingat, biasanya kapan kita mulai kesemutan? Iya betul, contohnya saat kita duduk bersila lama atau menindih tangan kita dengan kepala saat tiduran.
Jika kita perhatikan, di daerah yang terlipat atau tertindih itu pembuluh darah yang mengalirkan makanan terjepit sehingga tidak ada makanan yang dikirim ke jaringan saraf di ujung kaki dan tangan! Lama-lama jaringan saraf akan “kelaparan” lalu membuat kita merasa kesemutan. Apa jadinya kalau kita tidak merasa kesemutan? Maka sel-sel jaringan saraf, bersama jaringan lainnya, perlahan-lahan akan mati tanpa kita ketahui.
ADVERTISEMENT