5 Hal Mudah untuk Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri

Hijab Lifestyle
All about hijab.
Konten dari Pengguna
8 April 2020 14:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto kurang percaya diri. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto kurang percaya diri. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Minder dan kurang percaya diri merupakan perasaan negatif yang ada dalam diri. Hal ini bisa memberimu dampak buruk jika terus bertahan dalam kondisi ini hingga gagal mencapai tujuan.
ADVERTISEMENT
Sudah seharusnya kamu bisa berubah demi mendapatkan kehidupan yang baik. Tidak perlu khawatir, untuk menumbuhkan rasa percaya diri ada 5 tips mudah yang bisa kamu lakukan bila bingung bagaimana caranya.
1. Melatih diri dengan mengakui kesalahan
Hal ini seringkali ditemukan pada mereka yang takut akan risiko pada diri sendiri. Maka dari itu, jangan merasa takut untuk untuk mengakui kesalahan apalagi hingga memendamnya. Hal ini tentu akan memperburuk kondisimu. Segeralah berlaku jujur dengan penuh keyakinan.
2. Berhenti membandingkan
Sebenarnya kamu sudah tahu, bahwa setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pada umumnya, membandingkan diri dengan orang lain hanya bisa membuat hidupmu terpuruk dan membuktikan diri sendiri tidak mampu. Ada baiknya, tonjolkan kelebihanmu dengan menutup kelemahanmu. Dengan begitu, kamu bisa membuktikan bahwa kelebihan yang kamu punya juga tidak kalah menakjubkan dari mereka.
ADVERTISEMENT
3. Berteman dengan semua orang
Foto: Unsplash.com/miinyuii
Setiap manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Ini membuktikan bahwa kamu harus berteman dengan semua orang tanpa memandang latar belakang. Jika kamu terapkan hal ini, percayalah bahwa rasa minder dan kurang percaya dirimu akan hilang dengan sendirinya.
4. Yakin dengan kemampuan yang dimiliki
Hal yang membuat kita kurang percaya diri biasanya adalah kemampuan yang dimiliki. Ketika kamu merasa kemampuanmu terlalu rendah, kepercayaan dirimu sudah pasti rendah pula. Namun sebaliknya, jika kamu percaya dan yakin dengan kemampuanmu makan tingkat kepercayaan dirimu pun akan tinggi.
5. Cintai diri sendiri
Biasakan dirimu untuk menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri dan menunjukkan bahwa betapa berharganya dirimu. Jangan pernah bosan untuk memuji penampilan diri sendiri, dengan begitu kamu akan terus mendorong rasa percaya diri disetiap rutinitas yang dilakukan.
ADVERTISEMENT
Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kurang percaya diri. Semoga bisa kamu terapkan dengan baik di kehidupanmu, ya!