Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak, Wajib Coba!

Hello Ladies
Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
26 Mei 2021 18:21 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak, Wajib Coba! Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak, Wajib Coba! Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ladies, suka merasa kesal ketika berhadapan sama kulit berminyak? Memang ada waktu di mana memiliki kulit berminyak itu justru menjadi sebuah masalah. Minyak berlebihan pada wajah justru menimbulkan munculnya jerawat. Namun, dengan urutan skincare untuk kulit berminyak yang tepat, masalah kulit berminyak ini dapat teratasi nih.
ADVERTISEMENT
Berikut ini langkah-langkah dalam urutan skincare untuk kulit berminyak yang wajib kamu coba.

Urutan skincare untuk kulit berminyak

Ilustrasi Cuci Muka di Pagi dan Malam Hari Foto: Unsplash
Langkah pertama paling utama dari urutan skincare untuk kulit berminyak yakni cuci muka di pagi dan malam hari. Langkah ini penting untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran yang menempel.
Mengutip Dr. Sandra Lee, Founder SLMD Skincare, banyak orang wajib cuci muka tiap pagi dan malam, tetapi orang dengan kulit berminyak harus membersihkan seluruh muka secara rutin di pagi hari. Hal ini dikarenakan kulit bersih di malam hari bukan berarti bebas dari minyak. Justru kulit mu di malam hari sedang sibuk melepaskan sel kulit mati sekaligus memproduksi minyak.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, sebaiknya kamu cuci muka dengan cleanser eksfoliasi di pagi dan malam hari. Atau menggunakan cleanser bertanda non-comedogenic yang berbentuk foam sehingga aman dan ringan di wajah.
Setelah kulit sudah bersih dari segala kotoran dan minyak, waktunya melakukan eksfoliasi kulit dengan toner. Kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit untuk mengangkat segala sel kulit mati agar wajah tampak lebih segar dan cerah. Usahakan menggunakan toner dengan kandungan BHA.
Cara menggunakanya cukup dengan menuangkan sedikit toner pada kapas. Kemudian, usapkan secara halus ke wajah. Pastikan melakukan toning 3 hari sekali di malam hari.
Setelah menggunakan exfoliating toner, selanjutnya kamu bisa menggunakan clarifying toner. Clarifying toner sendiri sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit berjerawat dan berminyak.
ADVERTISEMENT
Serum dengan kandungan retinol sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit yang berjerawat dan berminyak. Ditambah kandungan retinol bakal membersihkan pori-pori serta membuat kulit tampak lebih cerah.
Oleskan serum pada wajah dan leher kamu setiap pagi dan malam. Diamkan selama 3 menit agar serum dapat menyerap ke kulit dengan sempurna.
Ilustrasi Lakukan Pelembapan Pada Kulit Foto: Pixabay
Jika memiliki kulit berminyak, berarti tidak perlu melakukan pelembap lagi? Jangan salah, Ladies. Kamu tetap wajib menggunakan pelembap. Hanya saja produk pelembap yang dipilih sesuai dengan jenis kulit berminyak kamu.
Usahakan mencari pelembap yang ringan dan berbahan dasar gel dan air agar lebih cepat menyerap di kulit wajah. Selain itu, pilihlah pelembap yang bebas dari minyak mineral.
ADVERTISEMENT
Urutan skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah pakai krim pencerah setiap malam. Krim malam ini akan memperbaiki masalah kulit berminyak, mengurangi wajah berkerut sekaligus membuat kulit wajah lebih lembut dan cerah di esok harinya.
Di siang hari, kulit selalu terancam dengan paparan sinar matahari berlebihan. Meskipun kulit berminyak tidak memiliki ancaman sebesar tipe kulit lain, tetap gunakan sunscreen di siang hari. Untuk kulit berminyak, pilih sunscreen yang teksturnya ringan seperti gel dan berbahan dasar air.
Kulit berminyak yang bikin wajahmu seakan lesu dan tak segar sering kali jadi salah satu masalah yang kerap mengganggu. Biar kulit berminyak jadi berseri, langsung aja coba urutan skincare berikut ini ya.
ADVERTISEMENT
(AH)