Cara Menghilangkan Flek Hitam di Usia 40 Tahun

Hello Ladies
Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
22 November 2022 17:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Menghilangkan Flek Hitam di Usia 40 Tahun. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Menghilangkan Flek Hitam di Usia 40 Tahun. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Flek hitam yang muncul di usia 40 tahunan kerap membuat kurang percaya diri. Meski tidak berbahaya, tapi rasanya sangat mengganggu penampilan, bukan?
ADVERTISEMENT
Menurut Healthline, flek hitam tersebut biasanya muncul karena kelebihan produksi melanin, atau pigmen kulit. Para ahli tidak tahu persis kenapa bintik-bintik hitam bisa berkembang, tetapi beberapa orang memang memiliki kecenderungan akibat gen. Dengan kata lain, kamu mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan bintik hitam jika hal tersebut juga terjadi pada keluargamu.
Penyebab lain munculnya flek hitam selain penuaan adalah paparan sinar ultraviolet (UV). Itulah alasan di balik area munculnya bintik hitam, yakni area yang banyak menerima paparan sinar UV, seperti wajah, punggung tangan, bahu, punggung atas, dan lengan.
Untungnya, flek hitam bisa dihilangkan, kok. Sudah banyak treatment yang fokus untuk melawan tanda penuaan ini. Kamu juga bisa mencari skin care yang diformulasikan khusus untuk masalah kulit ini.
ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Usia 40 Tahun

Cara menghilangkan flek hitam di usia 40 tahun bisa dengan skin care ataupun medical treatment. Berikut penjelasan dari masing-masing keduanya dirangkum dari Medical News Today.

1. Skin Care

Ilustrasi Cara Menghilangkan Flek Hitam di Usia 40 Tahun. Foto: Unsplash
Kamu bisa mencoba menghilangkan flek hitam tanda penuaan dengan skin care yang dijual bebas di pasaran. Carilah produk yang dapat membantu mencerahkan kulit. Adapun beberapa kandungan skin care yang dapat mencerahkan kulit adalah sebagai berikut:
Bahan pemutih lainnya, seperti hydroquinone, dapat menjadi pilihan yang efektif untuk mengatasi flek hitam. Namun, hydroquinone hanya tersedia melalui resep dokter sejak tahun 2021, sesuai dengan keputusan FDA.

2. Medical Treatment

Ilustrasi Cara Menghilangkan Flek Hitam di Usia 40 Tahun. Foto: Unsplash
Beberapa pilihan perawatan medis tersedia untuk flek hitam tanda penuaan adalah:
ADVERTISEMENT

Mikrodermabrasi

Menggunakan sebuah alat khusus, dokter kulit akan dengan lembut menghilangkan lapisan atas kulit. Perawatan ini memerlukan beberapa rangkaian untuk melihat hasilnya. AAD mencatat bahwa kebanyakan orang menerima antara 5 hingga 16 perawatan.
Setelah prosedur ini, area kulit yang dirawat kemungkinan besar akan teriritasi dan bengkak. Area tersebut juga mungkin akan mengalami memar, tapi sifatnya sementara, kok. Dokter kulit akan menyarankan untuk menerapkan pelembap setelah perawatan.

Cryotherapy

Cryotherapy menggunakan larutan dingin yang ekstrim, seperti nitrogen, untuk membekukan bintik-bintik hitam penuaan, Prosedur ini akan menghancurkan pigmen, lalu menyebabkan kulit lebih cerah setelah area yang dirawat sembuh.
Setelah perawatan, seseorang mungkin mengalami kulit yang teriritasi, nyeri, melepuh, dan bengkak. Efek samping permanen dapat meliputi:
ADVERTISEMENT
Namun, efek samping ini jarang terjadi jika yang melakukannya adalah dokter kulit bersertifikat.

Chemical Peel

Selama prosedur ini, dokter kulit akan menggunakan larutan kimia ke kulit untuk menghancurkan dan mengelupas lapisan kulit paling atas. Kemudian kulit baru akan tumbuh untuk menggantikannya.
Prosedur ini mungkin memiliki efek samping, seperti kulit yang teriritasi, munculnya jaringan parut, infeksi, dan perubahan warna kulit. Diperlukan waktu 1-7 hari untuk pulih dari prosedur, dan seseorang harus mengoleskan pelembap sampai kulitnya sembuh.

Perawatan Laser

Perawatan laser menargetkan melanin tanpa merusak area kulit di sekitarnya. Jika mencoba prosedur ini, kamu mungkin memerlukan satu atau dua sesi untuk menghilangkan flek hitam tanda penuaan.
Itulah perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam di kulit. Jangan lupa pula untuk senantiasa memakai sunscreen, ya!
ADVERTISEMENT
(DEL)