5 Pelembab untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif, Simak Yuk!

Hello Ladies
Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
3 Desember 2021 13:48 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pelembab untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif. Sumber: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pelembab untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif. Sumber: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah kamu merasa tidak perlu memakai pelembab untuk kulit berjerawat dan sensitif? Jerawat memang identik dengan kulit berminyak dan banyak orang berpikir bahwa kulit berminyak tidak butuh pelembab. Tentu saja ini cuma mitos belaka.
ADVERTISEMENT
Pelembab adalah perawatan kulit yang kamu butuhkan untuk memberikan nutrisi pada kulit wajahmu. Apalagi jika kamu memakai krim jerawat yang mengeringkan dan mengiritasi kulit wajahmu, pelembab dapat membantu kulitmu untuk menoleransi bahan kimia tersebut.
Ketika kulitmu menjadi kering, tubuhmu memproduksi lebih banyak minyak. Minyak ekstra ini dapat menyumbat pori-porimu dan memunculkan lebih banyak jerawat. Pelembap yang tepat dapat mencegah kulitmu menjadi kering dan teriritasi.
Ilustrasi Pelembab untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif. Sumber: Unsplash.

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kulit berjerawat dan sensitif dalam memilih pelembap:
1. Nonkomedogenik
Penting menggunakan pelembab nonkomedogenik jika kamu memiliki wajah berjerawat. Pastikan bahan-bahan tersebut tidak akan menyumbat pori-porimu karena tersumbatnya pori-pori membuat jerawat semakin parah.
ADVERTISEMENT
Bahan yang sering dihindari dalam formulasi pelembab adalah minyak dan emolien lain seperti petrolatum yang dapat menyumbat pori-pori.
2. Humektan
Penting juga untuk mencari pelembab berbahan dasar air dengan humektan seperti gliserin dan asam hialuronat. Kandungan ini akan membawa air ke dalam kulit untuk menjaga kelembapan kulit.
Lebih penting lagi, mereka tidak memiliki sifat oklusif yang membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memperburuk jerawat.
3. Soothing
Kulit yang rawan jerawat membutuhkan formulasi yang menenangkan peradangan pada jerawat. Produk pelembab tersebut harus bebas dari pewangi, pewarna, serta alkohol karena bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan alergi kulit atau mengiritasi kulit.

Pelembab untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif

1. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel
Ilustrasi Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel. Sumber: Shopee.
Pelembab pertama berasal dari produk lokal, yaitu Wardah Acne Perfecting Mosturizer Gel. Pelembab ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak sampai berjerawat.
ADVERTISEMENT
Pelembab satu ini mengandung triclosan yang bekerja sebagai antioksidan, zinc gluconate yang mencegah jerawat baru, dan gel lidah buaya yang bekerja menenangkan peradangan pada wajahmu. Selain itu, pelembab ini terdapat kandungan SPF18 yang bisa melindungimu terhadap paparan sinar UV.
2. Emina Ms. Pimple Moisturizing Gel
Ilustrasi Emina Ms. Pimple Moisturizing Gel. Sumber: Shopee.
Pelembab satu ini merupakan serangkaian produk Ms.Pimple yang diterbitkan oleh Emina. Pelembab satu ini mengandung rosebay willowherb extract sebagai bahan utamanya yang bekerja mengurangi kemerahan dan melawan bakteri pada jerawat.
Kandungan lainnya seperti lidah buaya, dikenal memiliki manfaat antiinflamasi yang bekerja untuk melawan bakteri jerawat dan melembabkan kulit wajahmu. Terdapat juga kandungan witch hazel extract yang bisa meminimalkan ukuran pori-pori dan mengontrol minyak berlebih yang mendatangkan jerawat.
ADVERTISEMENT
3. CeraVe Facial Moisturizing Lotion
Ilustrasi CeraVe Facial Moisturizing Lotion. Sumber: Shopee.
Pelembab satu ini merupakan pelembab nonkomedogenik, bebas dari wewangian, dan minyak. Bahan aktifnya yang mengandung ceramide dan niacinamide dapat menghidrasi dan mengurangi peradangan pada wajah berjerawat.
Formulanya juga mengandung gliserin, yang berfungsi menenangkan kulit yang mungkin ekstra sensitif akibat jerawat dan perawatan apa pun yang kamu gunakan. Pelembab ini menawarkan perlindungan dengan SPF 30 spektrum luas, jadi sangat bagus untuk dipakai saat di pagi hari.
4. La Roche-Posay Toleriane Sensitive Fluide
Ilustrasi La Roche-Posay Toleriane Sensitive Fluide. Sumber: Shopee.
Pelembab bebas minyak dan pewangi ini paling cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi. Pelembab ini mengandung gliserin dan squalene yang bisa memberikan hidrasi pada kulit.
Produk ini juga menyerap sisa-sisa minyak dan akan meninggalkan hasil akhir matte. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan noda mengkilap pada wajah.
ADVERTISEMENT
5. Cetaphil Moisturizing Lotion
Ilustrasi Cetaphil Moisturizing Lotion. Sumber: Shopee.
Cetaphil Moisturizing Lotion tidak memiliki kandungan minyak, non-comedogenic, dan bebas pewangi. Produk ini memberikan kelembapan ringan untuk jenis kulit paling sensitif sekalipun, termasuk mereka yang berjerawat, eksim, psoriasis, dan rosacea.
Mengandung gliserin, vitamin E, dan dimethicone, pelembab ini bisa membuat kulitmu terasa lembut dan halus secara alami.
Itu dia lima pelembab untuk kulit berjerawat dan sensitif yang bisa kamu pertimbangkan. Jangan sampai salah pilih pelembab lagi, ya!
(MMA)