Kunjungan Kelompok 26 KKN-T MBKM di Kampung 3D Bongares

Ghina Hanum Sari
Kelompok 26 KKN Tematik MBKM UPN Veteran Jawa Timur, Gelombang ke-2 Merupakan kumpulan mahasiswa yang berasal dari UPN Veteran Jawa Timur
Konten dari Pengguna
11 November 2022 21:28 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ghina Hanum Sari tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Berbincang dengan penanggung jawab Kampung 3D Bongares (Dokumentasi Pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Berbincang dengan penanggung jawab Kampung 3D Bongares (Dokumentasi Pribadi)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kota Blitar memiliki banyak sekali destinasi wisata salah satunya adalah Kampung 3d bongares. Kelompok 26 KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur berkesempatan mengunjungi kampung 3D bongares. Kampung 3D bongares merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang ada di kelurahan Kepanjenlor kecamatan Kepanjen kidul, kota Blitar. Mengapa Kampung ini bernama Kampung bongares? Karena Kampung ini berlokasi tepat di depan polres kota Blitar sehingga kampung 3D lebih dikenal dengan "Bongares" atau Bocah Ngarep Polres.
ADVERTISEMENT
Kampung 3D “Bongares” memiliki keunikan dari kampung 3D lainnya, keunikan tersebut kampung ini memiliki ide lukisan mural yang berawal dari kreativitas para pemuda kampung untuk menyulap kampung yang awalnya terkesan tidak terlalu bagus dan rumah di kampung tersebut terlihat sangat padat, akan tetapi kampung 3D Bongares sudah menjadi asri dan indah. Di dalam kampung Bongares ini terdapat banyak lukisan mural yang dapat memanjakan mata. Selain dapat memanjakan mata , kampung ini menampilkan lukisan- lukisan 3D di setiap sudutnya. Tidak hanya di dinding -dinding rumah warga tetapi lukisan-lukisan 3D bahkan sudah membentang hingga di lantai-lantai jalanan.
Keunikan lain dari kampung ini ialah memiliki berbagai macam ide lukisan mural yang berawal dari kreativitas para pemuda kampung. Kemudian para pemuda kampung memiliki tujuan untuk menyulap kampung yang awalnya terkesan kumuh dan padat menjadi kampung yang asri dan indah sehingga layak terpilih sebagai pemenang dalam Lomba Kelurahan Berseri. Dan benar saja, ketika ide itu diwujudkkan penampilan kampung menjadi berubah seratus depalan puluh derajat dan memenangkan lomba Kampung Berseri hingga mewakili Kota Blitar ke tingkat Provinsi Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya dengan para Dewan Juri Lomba, ternyata semua warga yang berkunjung ke Kampung 3D Bongares juga sangat terkesan. Oleh sebab itu banyak beberapa orang yang menguggah foto mereka ke media sosial dan para warga masyarakat beramai-ramai datang untuk mengunjugi Kampung 3D Bongares. Akan tetapi, sebelum meluasnya penyebaran virus korona yang ada di Indonesia rata-rata pengunjung bisa mencapai 50 sampai 75 orang per hari dan pada hari libur atau akhir pekan merupakan puncaknya pengunjung mencapai 150 sampai 175 orang per hari.
Mahasiswa Universitas UPN "Veteran" Jawa Timur Kelompok 26 KKN-T MBKM (Dokumentasi Pribadi)
Kampung 3D Bongares juga ada beberapa keunikan dan bisa menarik para masyarakat untuk berkunjung dan kampung 3D Bongares juga berbeda dengan kampung wisata lainnya sejenis di mana pengunjung diwajibkan harus membayar tiket masuk, akan tetapi di Kampung 3D Bongares tiket masuk gratis. Rupanya hal ini bisa dimanfaatkan untuk penambahan pengunjung dari waktu ke waktu. Para warga sekitar juga memanfaatkan kesempatan tersebut dengan berjualan bermacam-macam produk olahan pangan dan minuman. Jadi meskipun gratis, ada dampak ekonomi yang dirasakan warga meliputi pemasukan dari berjualan makanan dan minuman.
ADVERTISEMENT
Kampung 3D Bongares yang dimulai sejak tahun 2017 juga memiliki berbagai macam model gambar mural di dinding dan masayarakat sangat menyukai. Banyak masyarakat yang datang berkunjung berfoto-foto ria dan sangat cocok bagi keluarga yang ingin mencari tempat liburan. Kampung 3D Bongares ini terwujud karena ada kerja sama antara para pemuda kampung dan para orang tua.
Oleh karena itu kita sebagai warga Indonesia lebih baik mencari tempat liburan di dalam negeri saja. Juga bisa mengenalkan budaya dan keindahan yang ada di setiap kota, Khusus nya Kota Blitar yang memiliki tempat wisata dan pemandangan yang indah. Yuk masyarakat Indonesia datang saja ke Kampung 3D Bongares, Kota Blitar.