Kejar Mimpi, Dhira Bongs Akan Tampil di South by Southwest 2019

Groovy
Mengupas tuntas gaya hidup masa kini untuk kaum urban seperti kamu.
Konten dari Pengguna
13 Maret 2019 10:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Groovy tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Photo credit: MLDSpot
zoom-in-whitePerbesar
Photo credit: MLDSpot
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada ajang bergengsi South by Southwest 2019, salah satu musisi Indonesia yaitu Dhira Bongs terpilih untuk tampil bersanding dengan musisi internasional lainnya. Dari ratusan musisi dunia yang berhasil tampil di panggung South by Southwest 2019, Dhira Bongs menjadi satu-satunya musisi yang berasal dari Indonesia, lho. Prestasi ini juga menjadi sebuah hal yang membanggakan bagi Dhira dalam Kejar Mimpi untuk karier musiknya.
ADVERTISEMENT
Festival musik bergengsi yang diikuti ratusan musisi dari seluruh dunia
South by Southwest adalah acara tahunan yang digelar selama sepuluh hari di bulan Maret. Rencananya, tahun ini Southwest 2019 bakal diadakan di Austin, Texas pada 8-17 Maret 2019. Kalau pada tahun sebelumnya Efek Rumah Kaca dan KimoKal mendapat kesempatan tampil sebagai perwakilan dari Indonesia, maka tahun ini giliran musisi jazz asal Bandung, Dhira Bongs, yang mendapat undangan tersebut.
Acara South by Southwest (SXSW) ini sudah ada sejak tahun 1987 dan semakin berkembang setiap tahunnya. Pada 2017, acara ini mulai diselenggarakan selama sepuluh hari dengan susunan acara yang tidak hanya berisi tentang pertunjukkan musik, tetapi juga konferensi film dan media interaktif.
ADVERTISEMENT
Dhira Bongs jadi satu-satunya musisi dari Indonesia di South by Southwest 2019
Tampil di SXSW 2019 menjadi debut pertama Dhira Bongs di kancah musik internasional. Apalagi di awal kariernya dulu, Dhira memulainya melalui jalur independen atau indie. Jadi, bisa dibayangkan betapa spesialnya momen ini bagi Dhira. Tentunya sebagai warga Indonesia, kamu juga ikut bangga dengan kesuksesan Dhira, kan?
Dhira bahkan mendaftarkan dirinya secara mandiri untuk bisa tampil di SXSW 2019. Hal yang sama juga dikemukakan oleh SXSW dalam situs resminya bahwa Dhira berjuang secara mandiri melalui berbagai tahapan produksi dan hal tersebutlah yang membuatnya lolos tampil di SXSW 2019. SXSW juga mengapresiasi kemandirian Dhira sebagai produser musik, arranger, komponis, dan music director untuk album-albumnya.
ADVERTISEMENT
Sampai saat ini, Dhira sudah merilis dua album; My Precious di tahun 2013 dan Head Over Heels di tahun 2016. Pada 2017 lalu, Dhira Bongs juga mengadakan tur bertajuk “Dhira Bongs Open Suitcase Journey Japan Tour 2017” di panggung Kyoto Musik Expo 2017. Baru-baru ini, sebelum diumumkan berhasil lolos tampil di South by Southwest 2019, Dhira mengeluarkan single yang berjudul Jangan Tumbuh.
Mencari sponsor sendiri untuk bisa berangkat ke SXSW 2019
Karena menempuh jalur indie sejak awal kariernya, sebagai persiapan untuk menuju SXSW 2019, Dhira mulai mencari sponsor untuk membantu biaya keberangkatannya. Agar penampilannya semakin maksimal di panggung SXSW 2019, Dhira juga mengajak satu personel tambahan dari Indonesia dan dua personel lainnya dari Amerika Serikat. Ia berkenalan dengan personal asal USA tersebut dari temannya yang juga tinggal di sana.
ADVERTISEMENT
Berkat kerja keras dan kemandiriannya, Dhira berhasil Kejar Mimpi di dunia musik internasional. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin selama kamu terus berusaha, Dream Warriors. Apalagi kalau kamu juga mengimbanginya dengan pengembangan karakter. Untuk yang satu ini, kamu bisa bergabung dengan gerakan sosial Kejar Mimpi yang diinisiasi CIMB Niaga. Melalui Kejar Mimpi, kamu akan mendapatkan banyak materi menarik yang akan membantu kamu untuk Kejar Mimpi.
Yuk, follow akun @kejarmimpi.id di Instagram dan share mimpi kamu dengan hashtag #KejarMimpi. Berbekal kerja keras, karakter yang positif, dan passion yang kuat di dunia musik, who knows you’re gonna be the next Dhira Bongs!