Project Precog, Laptop Masa Depan?

Konten dari Pengguna
6 Juni 2018 21:21 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Gitario V I tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kantor Asus di Taipei, Taiwan. (Foto: Utomo Priyambodo/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Kantor Asus di Taipei, Taiwan. (Foto: Utomo Priyambodo/kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pameran komputer nomor satu di Asia yaitu Computex 2018 digelar pada 5-9 Juni 2018 di Taipei. Pameran tersebut merupakan ajang bagi para perusahaan raksasa teknologi untuk berlomba-lomba memperlihatkan perangkat elektronik terbarunya.
ADVERTISEMENT
Beberapa perangkat elektronik tersebut diperlihatkan dan dipresentasikan pada seluruh pengunjung yang hadir, termasuk Project Precog. Ketika ASUS menyelesaikan presentasi mereka di Computex 2018, mereka mulai berbicara tentang masa depan komputasi.
Perusahaan teknologi yang berbasis di Taiwan yaitu ASUS mempresentasikan konsep laptop terbarunya yaitu Project Precog di ajang tersebut.
Dikutip dari laman Windows Central, Laptop ini memiliki layar ganda yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).
Laptop ini digadang-gadang merupakan perangkat keras konseptual di masa depan. ASUS juga berencana menghadirkan laptop tersebut di pasaran. Namun, belum diketahui pasti kapan laptop tersebut benar-benar akan tiba di pasaran.
ASUS berencana untuk menghadirkan laptop tersebut di pasaran pada 2019 nanti. Kita tunggu saja apakah nanti ASUS akan benar-benar menghadirkan laptop tersebut? Project Precog sendiri masih dalam tahap pengembangan.
ScreenPad di laptop Asus ZenBook Pro. (Foto: Utomo Priyambodo/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
ScreenPad di laptop Asus ZenBook Pro. (Foto: Utomo Priyambodo/kumparan)
Sebelumnya ASUS juga sudah meluncurkan laptop dengan layar ganda di ASUS ZenBook Pro, tetapi layar ganda yang ada di Asus Zenbook Pro berada di touchpad. Touchpad di laptop tersebut dapat dijadikan sebagai layar.
ADVERTISEMENT
Project Precog yang mengusung layar ganda memiliki beberapa penyesuaian terutama dalam hal pengetikan. Laptop ini nantinya menggunakan virtual keyboard untuk pengganti keyboard-nya.
ASUS akan meluncurkan teknologi sensor proximity yang dikombinasikan dengan AI. Sehingga ketika akan digunakan, laptop tersebut akan mengetahui letak tanganmu saat ingin menggunakan keyboard. Ditambah dengan bodi yang sangat tipis dan terintegrasi dengan Cortana dan Alexa. Beberapa fitur tersebut diyakini akan hadir di laptop tersebut.
Fitur AI atau teknologi kecerdasan buatan yang ada di Project Precog juga nantinya akan mampu mengoptimalkan pengisian baterai perangkat.
Project Precog bukan yang pertama
Project Precog, Laptop Masa Depan? (2)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber Gambar: YouTube/Razer
Sebelum ASUS ternyata sudah hadir laptop dengan tiga layar yaitu Project Valerie dari Razer.
Dilansir CNET, Project Valerie merupakan konsep laptop gaming multi layar pertama di dunia. Razer memperkenalkan Project Valerie di ajang CES (Consumer Electronic Show) pada tahun 2017. Razer menambah dua layar monitor berukuran 17 inci yang dapat dilipat. Namun, Project Valerie ini masih sebatas sebuah konsep dan Razer juga belum memberikan kepastian kapan laptop ini akan tiba di pasaran.
ADVERTISEMENT
Project Valerie dari Razer serta Project Precog dari ASUS sendiri masih dalam tahap pengembangan, dan tidak menutup kemungkinan kedua konsep laptop tesebut akan hadir di pasaran. Kita hanya bisa menunggu kapan laptop tersebut benar-benar teralisasi. Fitur baru dari beberapa laptop tersebut digadang-gadang akan menjadi laptop di masa depan yang ditunggu-tunggu kehadirannya.