Zodiac Killer, Pembunuh Berantai dengan Kecerdasan di atas Rata-Rata

Generasi Milenial
Generasi Milenial
Konten dari Pengguna
27 November 2021 11:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilstrasi pembunuh misterius. Foto: Pixabay/Vintagelee
zoom-in-whitePerbesar
Ilstrasi pembunuh misterius. Foto: Pixabay/Vintagelee
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kasus pembunuhan berantai umumnya selalu misterius dan meninggalkan teka-teki. Salah satu kasus yang cukup terkenal di dunia yaitu kasus Zodiac Killer. Ia adalah seorang pembunuh sadis yang menggemparkan warga Amerika Serikat pada tahun 1960-an.
ADVERTISEMENT

Rentetan Kasus Pembunuhan Zodiac Killer

Sketsa wajah Zodiac Killer. Foto: Wikipedia/San Francisco Police Department
Zodiac melakukan aksi kejinya pada Desember 1968 sampai Oktober 1969. Ia melakukan pembunuhan di Benicia, Vallejo, Danau Berryessa, dan San Frascisco.
Setidaknya terdapat lima korban tewas dan dua luka-luka akibat kejahatannya. Namun, pembunuh berantai tersebut pernah memberikan informasi melalui surat kaleng bahwa ia telah melakukan pembunuhan sebanyak 37 kali.

Dikenal Sebagai Psikopat Jenius

Salah satu surat kaleng berisi sandi dari Zodiac Killer. Foto: Wikimedia Commons
Zodiac Killer dikenal sebagai psikopat jenius. Pasalnya, ia selalu mengirimkan surat kaleng berisi rangkaian kode dan sandi yang sulit dipecahkan oleh pihak kepolisian. Ia juga menyebarkan surat-surat tersebut di berbagai tempat, seperti pintu mobil dan kap mesin.
Motif dari tindakannya tersebut diduga karena ia ingin adu kepintaran dengan polisi. Ia seolah ingin membuktikan bahwa ia adalah sosok dengan kecerdasan di atas rata-rata.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ahli kejiwaan menduga bahwa Zodiac merupakan sosok yang narsistik. Dalam beberapa surat kalengnya, ia tampak menyombongkan kejahatannya dan bangga pada hal itu. Ia juga mengaku menikmati tindakan sadisnya tersebut.
Hingga kini, kasus Zodiac masih menjadi misteri bagi kepolisian setempat. Bahkan, Departemen Polisi San Francisco menghentikan pemeriksaan terhadap kasus tersebut pada tahun 2004 karena tak kunjung menemukan titik terang. (mit)