Mengenal Apa Itu Meditasi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Generasi Milenial
Generasi Milenial
Konten dari Pengguna
8 September 2022 9:57 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi meditasi. Foto: Dok. Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi meditasi. Foto: Dok. Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mungkin kita udah nggak asing mendengar kata meditasi. Itu menjadi salah satu kegiatan yang banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan mental. Lalu, sebenarnya apa itu meditasi ? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

Mengenal Apa Itu Meditasi

Dalam Kamus Bahasa Besar Indonesia (KBBI), meditasi diartikan sebagai pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Sementara dari kaca mata kedokteran, meditasi merupakan bentuk latihan mental yang berfokus dan menjernihkan pikiran agar merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif.
Bentuk latihan ini kerap dilakukan dengan memejamkan kedua mata, duduk tenang, hingga mengatur pernapasan perlahan-lahan. Biasanya, praktik meditasi dilakukan sekitar 10 hingga 20 menit untuk menjernihkan pikiran dan lain sebagainya.

Tujuan Meditasi

Ilustrasi meditasi. Foto: Getty Images
Lalu, bagaimana dengan tujuan meditasi yang sebenarnya? Benarkah bisa menyegarkan pikiran hingga menyembuhkan penyakit? Menurut para pakar, meditasi diakui bisa meringankan dan menyembuhkan berbagai penyakit terkhusus kesehatan mental seseorang.
Pasalnya, dalam praktik meditasi, hormon pada tubuh disebut juga bekerja. Salah satunya melepaskan hormon stres. Hal ini dinilai bisa memengaruhi kondisi kesehatan termasuk nafsu makan.
ADVERTISEMENT
Bahkan, dengan meditasi, seseorang bisa menjaga denyut jantung agar tetap normal, menghilangkan rasa cemas serta menstabilkan tekanan darah.
Sementara itu, cara kerja meditasi tidak bisa dilakukan sembarang. Sebab, praktik tersebut akan percuma jika tidak serius dilakukan. Dalam cara kerjanya, seseorang yang melakukan meditasi akan membuang pikiran-pikiran negatif, memotivasi diri, serta menyamankan tubuh.

Manfaat Meditasi

Meski tak sedikit orang masih belum percaya tentang meditasi, namun praktik ini dianggap bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Apalagi, ketika seorang menghadapi kesehatan mental, meditasi merupakan praktik yang harus dilakukan.
Nah, menurut berbagai sumber dan telah diakui oleh para pakar, meditasi memiliki beragam dampak positif bagi kesehatan. Bahkan, praktik latihan mental ini sama sekali tidak pernah ditinggalkan orang di tengah perkembangan zaman saat ini.
ADVERTISEMENT
Berikut dampak positif rutin melakukan meditasi.
Begitulah pengertian serta manfaat meditasi yang kerap disepelekan banyak orang.
Sementara dalam praktiknya, meditasi memiliki dua jenis. Pertama, meditasi fokus yang memusatkan konsentrasi pada suatu objek. Kedua, meditasi mindfulness yang berarti menggabungkan latihan konsentrasi kesadaran terhadap kondisi tubuh dan lingkungan sekitar. (fre)