5 Tips Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel, Anak Kelas 12 Wajib Tahu

Generasi Milenial
Generasi Milenial
Konten dari Pengguna
2 Februari 2022 11:58 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ujian SBMPTN. Foto: UGM
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ujian SBMPTN. Foto: UGM
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tinggal menunggu waktu lagi anak kelas 12 SMA akan lulus dan bersiap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain belajar untuk ujian sekolah, mereka juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, seperti SBMPTN dan ujian mandiri.
ADVERTISEMENT
Salah satu opsi yang bisa dipilih anak kelas 12 SMA untuk meringankan beban belajar mereka adalah mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Namun, kebanyakan bimbel membutuhkan biaya yang tinggi. Hal itu sering kali membuat orang tua siswa berpikir dua kali untuk mendaftarkan anaknya ke bimbel.
Buat kamu anak kelas 12 yang kini sedang berjuang lulus, kamu tak perlu khawatir meski tak ikut bimbel. Berikut ini lima tips yang bisa kamu lakukan untuk lolos SBMPTN tanpa bimbel.

Cari Informasi yang Akurat

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai perjuangan adalah mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang SBMPTN dan kampus yang ingin kamu tuju. Meskipun sekolah sudah memberi tahu, sering kali informasi tersebut kurang lengkap dan memaksa siswa untuk mencari sendiri.
ADVERTISEMENT
Informasi penting yang harus kamu catat adalah jadwal SBMPTN. Tahun ini, ujian tersebut akan dibagi menjadi dua gelombang dan dilakukan pada Mei dan Juni. Untuk itu, siapkan strategi supaya waktu yang tersisa cukup untuk mempelajari materi SBMPTN.

Jangan Malu Bertanya

Jika menurutmu informasi di internet kurang lengkap, kamu bisa menghubungi narahubung atau media sosial kampus tujuanmu. Selain itu, kamu juga bisa bertanya pada alumni sekolah yang berkuliah di kampus tersebut.
Tak hanya tentang SBMPTN, kamu juga bisa bertanya tentang jurusan atau fakultas tujuanmu pada alumni sekolah yang belajar di sana. Kamu juga bisa memintanya untuk menjadi mentor kalau ia tak keberatan. Dengan begitu, kamu jadi punya teman diskusi yang lebih andal.
ADVERTISEMENT

Kerjakan Latihan Soal Secara Rutin

Ilustrasi belajar di rumah. Foto: Shutterstock
Karena kamu tidak mengikuti bimbel, kamu harus membiasakan diri untuk latihan soal sendiri. Buatlah jadwal secara rutin kapan kamu harus belajar untuk materi sekolah dan SBMPTN. Kalau kamu bosan belajar sendiri, kamu juga bisa bikin jadwal untuk belajar bareng teman-teman.
Untuk melihat sampai mana kemampuanmu, kamu bisa mengikuti try out daring yang sering diadakan oleh pihak luar. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui letak kesalahanmu dan memperbaikinya.

Bagi Waktu dengan Baik

Meski semangatmu sedang membara untuk mempersiapkan SBMPTN, menggunakan semua waktu untuk belajar juga kurang baik. Kamu harus pintar membagi waktu untuk kegiatan lain, seperti ibadah dan istirahat. Jangan sampai kamu kelelahan karena kebanyakan belajar.
Kamu bisa menyusun to-do list setiap hari agar kamu dapat mengerjakan hal-hal sesuai jadwal. Selain itu, memanfaatkan reminder di ponsel juga bisa jadi pilihan untuk membangkitkan semangat ketika rasa malas mulai datang.
ADVERTISEMENT

Berdoa dan Jaga Kesehatan

Tips ini kelihatannya sepele, tapi nyatanya memang penting banget untuk dilakukan. Usaha tanpa doa sama saja bohong. Begitu juga dengan belajar terus tanpa memperhatikan kesehatan akan berujung sia-sia.
Kesehatan yang dimaksud bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Kurangi overthinking dan pikiran negatif tentang apapun. Penuhi hari-hari kalian dengan pikiran positif agar semangatmu tetap terjaga.
Itu tadi lima tips lolos SBMPTN tanpa bimbel. Tetap semangat untuk para pejuang kampus impian! (mit)