5 Manfaat Luar Biasa Air Rebusan Serai bagi Kesehatan

Generasi Milenial
Generasi Milenial
Konten dari Pengguna
18 Desember 2021 13:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Serai atau sereh adalah salah satu rempah Indonesia yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, tak hanya itu, ternyata serai sudah lama terbukti berkhasiat untuk tubuh. Sehingga, air rebusannya dianggap dapat membantu meredakan berbagai penyakit.
ADVERTISEMENT
Pun tak hanya rebusan air serai saja. Ada beberapa bahan rempah lainnya loh yang berkhasiat untuk tubuhmu. Apa saja? Berikut beberapa manfaat air rebusan serai dan kombinasinya dengan rempah-rempah lain.

Air Rebusan Serai dan Jahe

Kedua bahan ini memiliki manfaat dan keunggulannya masing-masing bagi kesehatan, seperti yang telah dipaparkan di atas. Secara tradisional, serai dan jahe seringkali dijodohkan untuk diseduh bersama, menghasilkan minuman herbal dengan kombinasi kebaikan yang lengkap.
Baik serai dan jahe adalah ramuan anti-inflamasi. Air rebusan serai dan jahe baik untuk meredakan peradangan.

Air Rebusan Serai dan Daun Salam

Sereh memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup baik untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Untuk mendapat manfaat serai yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan daun salam pada rebusan serai. Manfaat rebusan sereh dan daun salam ini sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol dan asam urat.
ADVERTISEMENT

Air Rebusan Serai dan Kayu Manis

Ilustrasi. Foto: unsplash.com
Serai dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Manfaat serai ini dapat mendetoksifikasi tubuh kamu dengan buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Meminum teh serai dapat memiliki efek diuretik yang berarti ia merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine.

Air Rebusan Serai dan Kunyit

Salah satu manfaat serai dan kunyit yaitu memiliki kemampuan antikanker yang manjur melawan beberapa jalur sel kanker. Ini terjadi dengan menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan. Sehingga tubuh Anda lebih bisa melawan kanker dengan sendirinya.

Air Rebusan Serai dan Jeruk Nipis

Menurunkan berat badan sampai mencapai nilai ideal gampang-gampang susah. Selain rutin olahraga kamu juga wajib menjaga pola makan. Nah, kamu bisa meminum air rebusan sereh dan jeruk nipis bisa membantu menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Sekadar info, jeruk nipis mengandung polifenol yang bermanfaat untuk mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh serta mengontrol berat badan. (daa)