MBKM dan Perannya Mempersiapkan Mahasiswa sebagai High Quality Fresh Graduate

Fika Rahmanita
Magister Management
Konten dari Pengguna
5 Oktober 2022 14:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fika Rahmanita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gambar 1. Ilustrasi wawancara kerja.
zoom-in-whitePerbesar
Gambar 1. Ilustrasi wawancara kerja.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Merdeka belajar kampus merdeka sebagai jawaban tantangan dari bursa kerja. Sebagai fresh graduate, hal yang lumrah dialami lulusan perguruan tinggi adalah mengikuti seleksi karyawan. Seleksi administrasi menjadi salah satu bagian dari seleksi karyawan. Indikator yang tidak pernah lepas dari seleksi administrasi diantaranya adalah dokumen pengalaman kerja karyawan. Hal ini menjadi pertanyaan sekaligus tantangan bagi fresh graduate, sudahkah memiliki pengalaman kerja?
ADVERTISEMENT
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim menjelaskan "Memberi kemerdekaan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai"
Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau disingkat dengan MBKM merupakan kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. MBKM memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap bidang keilmuan yang bervariasi yang bermanfaat dan berdampak pada dirinya ketika memasuki dunia kerja.
MBKM memberikan kesempatan untuk mahasiswa secara merdeka menentukan sendiri cara belajarnya dan mata kuliah apa yang akan diambil melalui program yang disediakan. Kemdikbud memberikan kesempatan mahasiswa memilih mata kuliahnya sendiri yang dapat ditempuh selama 1 semester.
Kebijakan MBKM tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 202o tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 18 yang menjelaskan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan: 1) mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar; dan 2) mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.
ADVERTISEMENT
Pada program MBKM, mahasiswa berkesempatan menempun satu semester perkuliahan atau setara dengan 20 (dua puluh) sks pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi.
Berkaitan dengan hal ini, Perguruan Tinggi diberikan kesempatan untuk dapat menyusun panduan akademik program pengembangan dan meningkatkan fasilitas demi mendukung suksesnya program Merdeka Belajar. Panduan akademik disusun dengan kesepakatan bersama tim penanggung jawab perguruan tinggi dengan mitra. Kementrian Pendidikan maupun perguruan tinggi mempersiapkan berbagai Program Merdeka Belajar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Beberapa program diinisiasi pemerintah diantaranya Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar, Bela Negara, KKN Tematik, Proyek Kemanusiaan, dan kegiatan Kewirausahaan.
Gambar 2. Ilustrasi program magang.
Program Magang memberikan keterlibatan langsung secara mendalam, keberlanjutan karir, gambaran nyata di dunia kerja, dan membangun serta memperluas koneksi. Program Magang memberikan pengalaman kerja berharga yang dapat diimplementasikan setelah lulus dari Universitas. Program Magang memberikan peluang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang. Program Magang meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa agar mampu praktik terbaik dalam Industri dan Sektor yang diminati. Program magang memberikan kesempatan mahasiswa memperluas jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang. Program Magang memberikan berbagai kesempatan bagi mahasiswa untuk magang di berbagai perusahaan nasional dan multi nasional.
Gambar 3. Ilustrasi program studi independen
Program berikutnya adalah Studi Independen Bersertifikat. Studi Independen memberikan kesempatan mahasiswa mempelajari kompetensi yang spesifik, praktis, dan dibutuhkan di masa depan, berinteraksi dengan para pakar untuk memahami penerapannya dan mempraktekkan kompetensi tersebut dalam sebuah proyek riil. Pada Program Studi Independen mahasiswa dapat memilih proyek sesuai peminatan.
Gambar 4. Ilustrasi program riset atau penelitian
Sementara itu, program penelitian memberikan kesempatan mahasiswa untuk dapat ditingkatkan mutunya melalui pengalaman mahasiswa dalam proyek riset yang besar akan memperkuat pool talent peneliti secara topikal. Mahasiswa terlibat dalam proses penelitian melalui pembimbingan langsung oleh peneliti di lembaga riset/pusat studi. Melalui program penelitian, mahasiswa berperan mengembangkan ekosistem dan kualitas riset di laboratorium dan lembaga riset Indonesia dengan memberikan sumber daya peneliti dan regenerasi peneliti sejak dini.
Gambar 5. Ilustrasi program pertukaran pelajar
Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah program yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk memilih mata kuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta lain. Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa menentukan sendiri mata kuliah yang akan diambil di perguruan tinggi yang diinginkan.
Gambar 6. Ilustrasi program kampus mengajar
Kampus Mengajar adalah program yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan asistensi mengajar di sekolah dasar dan sekolah menengah. Program ini memfasilitasi mahasiswa untuk membantu pembelajaran, administrasi dan adaptasi teknologi di sekolah-sekolah yang membutuhkan. Dosen juga dapat terlibat sebagai DPL.
Gambar 7. Ilustrasi program KKN Tematik
Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) atau membangun desa adalah program pendidikan melalui pengalaman belajar mahasiswa dengan terjun di tengah masyarakat. Mahasiswa bersama-sama masyarakat mempelajari kondisi masyarakat, mengidentifikasi permasalah dan memberikan solusi terhadap permasalahan serta mengembangkan potensi desa.
Gambar 8. Ilustrasi program proyek kemanusiaan
Proyek kemanusiaan adalah program MBKM yang memberikan kesempatan mahasiswa melalui program kemanusiaan. Bencana alam beberapa kali terjadi di Indonesia. Proyek kemanusiaan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa unggul dan memiliki nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika dan melatih mahasiswa memiliki kepekaan sosial untuk menggali dan menyelami permasalahan yang ada serta turut memberikan solusi sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing.
Gambar 9. Ilustrasi program kewirausahaan
Selanjutnya yaitu program kewirausahaan. Program kewirausahaan bertujuan memberikan mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing dan menangani permasalahan pengangguran yang menghasilkan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana.
ADVERTISEMENT
Sederet program MBKM inilah yang akan dapat membentuk mental mahasiswa untuk terjun ke lapangan selepas lulus dari perguruan tinggi. Program MBKM memberikan kesempatan mahasiswa untuk mempelajari kondisi di lapangan. Kondisi di lapangan dapat meningkatkan sensitifitas mahasiswa dalam mengidentifikasi permasalahan dan menentukan solusinya.
Gambar 10. Ilustrasi interview kerja (2)
Permasalahan yang sering dihadapi oleh fresh graduate. Hal ini tidak lagi menjadi masalah besar. Kesempatan yang didapatkan melalui program magang memberikan pengalaman mahasiswa di dunia industri atau dunia kerja. Studi independen memberikan kesempatan mahasiswa untuk mempersiapkan proyek besar melalui program yang dipilih. Penelitian memberikan pengalaman mahasiswa mengelola riset besar. Pertukaran pelajar memberikan kesempatan bagi mahasiswa menuntut ilmu di perguruan tinggi lain dan memilih mata kuliahnya sendiri. Kampus mengajar memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan asistensi di sekolah dasar dan sekolah menengah. KKN tematik meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam mempelajari permasalahan sosial di lapangan. Proyek kemanusiaan meningkatkan kemampuan sosial dan nilai moral mahasiswa di masyarakat. Selanjutnya, program kewirausahaan memberikan kesempatan dan pengalaman mahasiswa mengelola proyek kewirausahaan.
ADVERTISEMENT
Keterlibatan mahasiswa dalam program MBKM memberikan kesempatan untuk menentukan sendiri bagaimana program belajar yang dipilihnya. Program MBKM yang dipilih menentukan cara belajar dan pengalaman yang didapat sebagai bekal memasuki dunia kerja.