Merdeka Itu Apa? Ini Artinya Menurut Netizen

KONSULTAN MEDIA BERITA RILIS.ID
Konten dari Pengguna
14 Agustus 2017 17:12 WIB
Tulisan dari Fahrul Roji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Merdeka Itu Apa? Ini Artinya Menurut Netizen
ADVERTISEMENT

RILIS.ID, Jakarta— Di 2017 ini, Indonesia memasuki tahun ke-72 kemerdekaannya. Ya, sudah 72 tahun Tanah Air merdeka atau terbebebas dari belenggu penjajah dan sekutunya. Mengucap "Merdeka" tentu hal yang mudah. Namun, apa sebenarnya makna dari merdeka itu?

ADVERTISEMENT

Jika berpatokan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merdeka mempunyai tiga arti, yakni sebagai berikut: 1. Bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya), berdiri sendiri; 2. Tidak terkena atau lepas dari tuntutan; 3. Tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu, leluasa.

Namun, banyak arti ketika pertanyaan "Merdeka Itu Apa" dilontarkan kepada masyarakat. Inilah arti merdeka yang berhasil dihimpun rilis.id melalui jawaban kuis #MerdekaItuApa di Twitter @RILISonline. 1. Menurut @kez_sakral, merdeka itu "Sepi perlawanan karena penjajahan di atas dunia sudah dihapuskan. Tinggal merayakan kemanusiaan." 2. "Merdeka itu hidup rukun dalam kemajemukan," tulis @FAssahra. 3. "Merdeka itu, anggota DPR tidk lagi korupsi," menurut @LegislatifWATCH. 4. "Kebebasan dari Rasa Takut dan Kebebasan dari Kekurangan," emikian menurut @ridwan_for. 5. "Garam tidak lagi impor," menurut @MargandatT. 6. "Merdeka itu bebas dari segala macam belenggu. Terbebas dari kekuasaan. Terbebas dari kemiskinan terbebas dari korupsi," menurut @Cessper2. 7. "Pertama, Merdeka itu ketika pak @jokowi dan pak @prabowo ngopi bareng, dan..., Kedua, Meminta para pendukungnya untuk tidak lagi saling bertanya "Situ Sehat?" atau "Situ Waras? dan Ketiga, Karena merdeka itu, ramah. Dengan ramah, barulah damai. Berikutnya, maju dan unggul!" demikian menurut @ameliaRIZK1. 8. "MERDEKA itu bukan berarti berhenti berjuang, justru ini awal perjuangan untuk mewujudkan cita cita bangsa," tulis @gustie_elreal. 9. "Mardeka itu Bebas Melakukan Apa Saja. Bebas Tapi Tetap Bertanggung Jawab," menurut @bocel_tyo. 10. "Menurut saya negara merdeka itu negara yg memerdekakan jg masyarakatnya dan mendengar keluh resah masyarakatnya," demikian menurut @FahrulRJ4_.

ADVERTISEMENT

Lalu, merdeka menurut Anda apa?

1164798405
Bagikan: