Mitos Besi Kuning yang Bisa Membuat Bulu Kebal Dicukur

Dukun Millenial
INGAT!! Di dunia ini kita tidak pernah sendirian....
Konten dari Pengguna
25 Februari 2021 10:19 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dukun Millenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Susah potong rambut, dok: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Susah potong rambut, dok: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam dunia perdukunan, beberapa benda dianggap memiliki kekuatan yang bisa mempengaruhi si pemiliknya, hal tersebut biasa disebut jimat atau pesugihan. Beberapa benda tersebut banyak jenisnya bisa dari benda padat, benda kuno ataupun benda yang tak lazim ditemui.
ADVERTISEMENT
Ketika si pengguna kepercayaan soal pesugihan biasanya akan bertujuan memiliki kekuatan yang di luar nalar dan dahsyat misalnya kekuatan tubuh kebal senjata tajam dan senjata api, kekuatan awet muda bahkan ada yang unik yakni kebal dicukur.
Seperti kisah dari legenda Samson Betawi, yakni kelemahannya di bulu ketiak, barangkali kekuatan dari kebal dicukur ini bisa bermanfaat bagi sosok Samson tersebut.
Ilustrasi besi kuning, dok: pixabay
Kekuatan kebal dicukur semata-mata bukan diperoleh begitu saja, melainkan berasal dari sebuah benda (jimat) besi kuning atau sering disebut banyak orang dengan besi kuningan.
Besi Kuning atau Wesi Aji yang bermuatan energi tergantung pada si pengisinya, Wesi kuning sendiri sangat banyak bentuk dan konon katanya kegunaannya salah satu guna besi kuning adalah untuk kekebalan.
ADVERTISEMENT
Sepintas praktik seperti ini mirip dengan penanaman susuk-susuk yang sering dilakukan bagi mereka yang meyakini hal-hal demikian, biasanya susuk juga ditanamkan jenis-jenis besi kuningan seperti tembaga, peluru, bahkan anting emas.
Ilustrasi kekuatan, dok: pixabay
Besi kuning sendiri diyakini oleh sebagian orang adalah warisan dari senjata pamungkas miliknya Minak Djinggo, yakni sosok Raja Blambangan. Sebuah kerajaan yang ada di Kabupaten Banyuwangi tempo doeloe.
Selain digunakan untuk ilmu kekebalan anti cukur, jenis jimat yang satu ini juga konon katanya biasa digunakan untuk praktik pesugihan lain seperti kekuatan pukulan dan kekuatan asihan pesona diri dan karisma kewibawaan.
Benda yang diyakini memiliki kekuatan seperti besi kuning ini memang sudah banyak tersebar di tanah nusantara, namun kendati demikian bukan sepantasnya kita sebagai manusia meyakini dengan secara mentah beberapa pemahaman tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kita senantiasa mengedepankan akal pikiran dan keyakinan ketika hendak meyakini hal-hal demikian, cukup jadikan sebagai warisan budaya saja supaya tidak punah, bagaimana menurutmu?.
ADVERTISEMENT