Keikutsertaan Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan dalam Acara Gebyar Budaya

Dita nofitasari
saya merupakan mahasiswa angkatan 2019 Universitas Ahmad Dahlan prodi Manajemen.
Konten dari Pengguna
15 Juni 2022 22:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dita nofitasari tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD), kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) alternatif 81 unit II.C.3. Pada Sabtu (11/06/2022), ikutserta dalam penyelenggaraan acara Gebyar Budaya di Gedung Serbaguna, Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Yogyakarta terkait memperkenalkan budaya nasional kepada generasi milenial.
keluarga besar masyarakat krobokan adakan acara gebyar budaya (sumber: dokumentasi pribadi)
Indonesia mempunyai berbagai macam kebudayaan yang unik dan khas yang bersumber dari heteroginitas bangsa. Pagelaran wayang kulit, Karawitan, dan tarian nusantara yang di pentaskan dalam acara gebyar budaya ini adalah Sebagian kecil (kesenian) dari harta kebudayaan Indonesia, bak butir-butir pasir di lautan budaya yang sangat luas. Sudahkah sebagai anak bangsa telah melakukan upaya-upaya menghormati, memelihara, melestarikan dan mengembangkannya? Sebanyak apapun budaya kita, jika tidak adanya kepedulian, pelestarian, serta kebanggaan, juga akan hilang sebagaimana buih-buih dilautan.
ADVERTISEMENT
Untuk ikut melestarikan budaya nasional, keluarga besar padukuhan krobokan bersama Muda-Mudi Krobokan (MMK) dan kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) alternatif 81 Unit II.C.3, mengadakan Gebyar Budaya untuk memperkenalkan budaya nasional Indonesia kepada generasi milenial agar tercapai kerukunan, menumbuhkan rasa kebersamaan dan cinta akan budaya tanah air Indonesia dan juga melestarikan budaya kesenian Indonesia supaya tidak hilang dimakan zaman.
Acara Gebyar Budaya ini diikuti oleh keluarga besar padukuhan Krobokan, Muda-Mudi Krobokan (MMK) dan seluruh masyarakat padukuhan krobokan, kelurahan tamanan, kecamatan banguntapan, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan menampilkan pentas seni tari dari sanggar tari Carika Pancawarna bersama mahasiswa KKN unit II.C.3 Universitas Ahmad Dahlan, Karawitan ibu-ibu Padukuhan Krobokan, dan Pagelaran Wayang kulit.
ADVERTISEMENT
Pada acara Gebyar Budaya ini, bapak Jumono selaku ketua panitia acara bertujuan melestarikan budaya nasional, mempererat silahturahmi antar warga khususnya padukuhan krobokan dan juga memberikan ruang untuk mengekspresikan bakat yang dimiliki masyarakat padukuhan krobokan, kelurahan tamanan, kecamatan banguntapan, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogakarta (DIY)
Miftahul Huda sebagai ketua unit II.C.3 KKN alternatif 81 mengharapkan dengan diadakan acara gebyar budaya ini dapat merawat ingatan seluruh masyarakat padukuhan tentang budaya nasional.
Kami dari KKN alternatif 81 unit II.C.3 Universitas Ahmad Dahlan mempunyai tujuan bersama untuk membantu dan berpartisipasi bersama keluarga besar padukuhan krobokan menggelar acara gebyar budaya untuk merawat ingatan seluruh masyarakat padukuhan krobokan terhadap budaya kesenian nasional.
Terlebih lagi di masa sekarang yang dimana kemajuan teknologi semakin maju dan budaya asing yang semakin banyak masuk ke kehidupan masyarakat indonesia, yang bisa saja mengubah pola pikir masyarakat akan budaya kita sendiri. Maka dari itu kita sebagai mahasiswa KKN alternatif 81 unit II.C.3 Universitas Ahmad Dahlan sangat antusias ikut serta membantu meramaikan acara gebyar budaya ini.
ADVERTISEMENT