Curug Penyegar Alami

Dieva Azzahra Ayadiansyah
Mahasiswi Jurnalistik, Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta.
Konten dari Pengguna
16 Juli 2021 17:19 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dieva Azzahra Ayadiansyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Curug Goa Lumut. Foto : Dok.Pribadi/ Dieva Azzahra A
zoom-in-whitePerbesar
Curug Goa Lumut. Foto : Dok.Pribadi/ Dieva Azzahra A
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Curug atau air terjun merupakan wisata alam yang menyegarkan, yang dapat kalian kunjungi di berbagai daerah pegunungan. Tertarik untuk mengunjungi curug?
ADVERTISEMENT
Setelah lelah dengan segala aktivitas harian, bekerja, kuliah, dan aktivitas lainnya alangkah akan menyenangkannya jika bisa berkunjung ke suatu tempat yang sejuk, dan meningkatkan mood.
Mungkin pergi ke Curug akan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi, di sana kamu dapat merasakan sensasi dinginnya mata air pegunungan yang dihiasi hijaunya pepohonan.
Membutuhkan 2 jam perjalanan dari pusat kota Bogor untuk menuju ke kabupaten Bogor Barat, tepatnya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tempat surganya curug atau air terjun. Kalian akan disuguhkan berbagai macam tanaman, pohon-pohon besar, perkampungan, sawah yang membentang luas, dan jika beruntung kalian akan melihat monyet yang bergelantungan mencari makanan.
Menapakkan kaki di alam akan terasa menyenangkan, tanah yang licin dan bebatuan yang tajam diselimuti lumut hijau yang tak jarang akan membuatmu terpeleset.
ADVERTISEMENT
Curug Goa Lumut akan menjadi salah satu destinasi curug yang wajib kalian kunjungi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, sebab Curug Goa Lumut inilah yang mudah kalian jangkau, tidak seperti curug lainnya, kalian tidak perlu melakukan trekking yang panjang untuk menuju Curug Goa Lumut. Hanya beberapa menit dari gerbang kedua kalian akan sampai di Curug Goa Lumut.
Konon menurut para warga sekitar Curug Goa Lumut merupakan tempat pertapaan Prabu Kiansantang atau Raden Sangara atau Syeh Sunan Rohmat Suci, Putra Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja Raja Pakuan Pajajaran dengan Nyi Subang Larang, dari Kerajaan Pajajaran. Curug Goa Lumut disebutkan sering terjadi kejadian-kejadian aneh saat matahari mulai terbenam. Sering pula terdengar permainan musik tradisional Sunda yang menggema begitu jelas di sekitar kampung. Terlebih lagi banyak pula orang yang mendengar suara kereta kencana berlalu-lalang.
ADVERTISEMENT
Di balik mistisnya Curug Goa Lumut, kalian akan merasakan seperti berenang di kolam alami, airnya yang biru kehijauan dan kedalaman yang mencapai 4 meter membuat kalian merasa seperti di kolam renang. Tapi, jangan coba-coba kalian memasuki area terdalam jika dirasa kurang jago berenang. Selain berenang kalian juga dapat melakukan loncat tinggi dari tepian tebing tapi tetap hati-hati sebab banyak lumut yang menyelimuti.
Segarnya Air Terjun. Foto : Dok.Pribadi Dieva Azzahra A
Disebut goa lumut sebab terdapat gua di tengah-tengah air yang mengalir dari atas gunung dan diselimuti lumut yang hijau nan licin. Konon ada beberapa pengunjung yang mencoba masuk ke dalam gua tersebut namun tak kembali lagi.
Bagi kalian yang ingin berlama-lama di tempat tersebut, tak usah khawatir, sebab di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak sudah disiapkan berbagai macam vila dengan harga yang berbagai macam juga. Kalian dapat menginap, atau mungkin berkemah agar lebih terasa sedang berada di gunungnya, dihiasi bintang yang indah di malam hari.
ADVERTISEMENT
Bagaimana? sudah menentukan akan berakhir pekan ke mana? mungkin wisata alam akan membuat kamu terpana.
Dieva Azzahra Ayadiansyah
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta