Semak Semak, Pesona Tanaman Perdu yang Memukau

Dekoruma.com
Dekoruma.com is a fast-growing tech start up with a mission to break the highly inefficient home & living industry.
Konten dari Pengguna
16 April 2019 21:37 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dekoruma.com tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagi sebagian orang, semak semak kerap disebut sebagai tanaman yang menganggu. Alasannya, semak semak bisa tumbuh secara liar dan tak beraturan meskipun kamu tidak menanamnya. Padahal, tumbuhan semak semak memiliki banyak sekali manfaat, bahkan bisa menghias pekarangan hunian kamu.
ADVERTISEMENT
Nah, buat kamu yang belum tahu, Kania akan membahas berbagai hal tentang semak semak, termasuk variasi tanaman rendah yang satu ini. Kamu penasaran? Untuk selengkapnya, yuk kita simak artikel berikut ini!
arbordayblog.org
Kerap disebut sebagai tanaman perdu, semak semak dapat tumbuh secara berumpun dan berkelompok di atas tanah. Tumbuh dalam ukuran pendek di bawah 5 meter, tanaman ini memiliki karakteristik tertentu, seperti memiliki ranting dengan cabang pendek. Selain itu, ia juga dapat tumbuh secara cepat di berbagai lingkungan, bahkan dapat menghasilkan bunga dan biji pada periode waktu tertentu.
stuff.co.nz
Jika dirawat dengan baik, semak semak bisa dijadikan tanaman hias. Selain itu, ia pun memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya terdapat pada varietas bernama daun beluntas yang sangat mudah ditemui di kawasan yang tak jauh dari pantai.
ADVERTISEMENT
Kerap difungsikan sebagai tanaman pagar, daun beluntas memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, seperti untuk mengatasi pegal linu, mengatasi permasalahan menstruasi, mengatasi bau mulut, menurunkan darah tinggi, hingga mengobati masalah pencernaan pada anak.
theferns.info
Selain difungsikan sebagai tanaman obat, semak semak pun sering digunakan sebagai tanaman hias di hunian karena kerap menghasilkan bunga berbentuk menarik yang cantik. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat ulasan tanaman hias jenis semak-semak berikut ini.
funghiitaliani.it
Bunga kembang sepatu adalah jenis tanaman semak semak yang berasal dari kawasan Asia Timur. Dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis, kembang sepatu memiliki kelopak bunga berukuran besar, berwarna merah, serta tidak berbau. Selain itu, varietas semak semak ini pun dapat tumbuh di alam liar sehingga tak sulit jika ingin menanamnya di hunian.
ADVERTISEMENT
gardencenternaples.com
Jenis tanaman semak semak ini dikenal dengan pinwheel jasmine juga kerap difungsikan sebagai tanaman hias. Dikenal dengan nama rembosa mini, tanaman semak semak ini dilengkapi bunga kecil berwarna putih, serta memiliki bentuk rapi dan rata sehingga cocok ditanam di hunian berkonsep minimalis. Selain itu, rembosa mini juga mempunyai warna daun yang sangat beragam, mulai dari kuning, hijau, bahkan silver.
aspca.org
Pastinya, kamu sangat mengenal bunga berwarna merah dengan bentuk menyerupai kembang api ini. Ya, bunga soka termasuk salah satu jenis tumbuhan semak semak yang kerap difungsikan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik. Selain itu, bunga soka pun memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga kamu tak terlalu repot jika ingin menanamnya.
ADVERTISEMENT
gardenclinic.com.au
Varietas tanaman semak semak selanjutnya adalah bromelia. Tanaman ini memiliki keunikan pada warna daun berwarna merah dan hijau, serta bentuk daun yang lebar pada bagian atas. Dapat tumbuh hingga 10 meter, kamu perlu memangkas bromelia secara rutin sehingga penampilannya selalu cantik.
countryliving.com
Meskipun tumbuh secara subur dan cepat, semak semak tetap memerlukan perawatan jika kamu ingin memanfaatkannya sebagai tanaman hias. Kamu harus menjaga ketinggian tumbuhan semak dengan memangkasnya secara rutin agar tumbuh lebih rapi dengan ketinggian sesuai selera kamu, serta tidak menghalangi arsitektur hunian.
Tentu tak ada salahnya untuk menanam semak semak hias di hunian kamu. Yuk, ciptakan hunian sehat nan apik dengan menambah aneka tumbuhan dan bunga di pekarangan rumah!
ADVERTISEMENT