Awas Bahan Berbahaya! Ini Tips Memilih Kotak Makanan yang Aman dan Sehat

Dekoruma.com
Dekoruma.com is a fast-growing tech start up with a mission to break the highly inefficient home & living industry.
Konten dari Pengguna
12 Desember 2018 0:11 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dekoruma.com tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kotak makanan dapat menjadi pilihan praktis untuk menyimpan bahan makanan mentah sekaligus sisa makanan. Dengan memakai kotak makanan, food preparation atau proses memasak dan mempersiapkan makanan jadi lebih cepat. Penyimpanan di dapur juga lebih rapi dengan menggunakan kotak makanan.
shutterstock.com
ADVERTISEMENT
Tapi apakah kotak makanan yang kamu gunakan aman menjaga kualitas makanan dan kandungan nutrisi di dalamnya? Beberapa kotak makanan mengandung bahan kimia berbahaya yang apabila bercampur dengan makanan berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan seperti gangguan syaraf, jantung, hingga kanker.
Resiko tersebut dapat dihindari abapila kamu menggunakan kotak makanan berkualitas. Ikuti tips memilihnya di bawah ini!
Gunakan kotak makanan dari plastik yang berkualitas
Kotak makanan berbahan plastik lebih sering digunakan karena lebih murah dan terbilang awet daripada wadah lain yang terbuat dari kaca, logam, dan bahan pecah belah lainnya. Namun, kotak makanan berbahan plastik mengandung bahan kimia, Bisophenol A atau lebih dikenal dengan BPA.
Apabila BPA yang terdapat pada kotak makanan berbahan plastik masuk ke dalam makanan dalam jumlah berlebih, maka ia dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan mutasi sel pada kandungan.
ADVERTISEMENT
Kini telah banyak produk kotak makanan berbahan plastik yang tidak lagi menggunakan BPA sehingga lebih aman dan sehat untuk menyimpan makanan.
Pakai wadah kaca untuk kotak makanan tahan panas dan antinoda
Tidak semua bahan makanan bisa disimpan di dalam kotak makanan berbahan plastik. Bahan makanan yang mengandung rempah-rempah dan minyak bisa meninggalkan bekas noda yang sulit dibersihkan jika disimpan di dalam kotak makanan berbahan plastik.
Pilihlah kotak makanan berbahan kaca untuk menyimpan bahan makanan beraroma dan berminyak sehingga mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bau. Kotak makanan dari kaca juga merupakan wadah yang tepat untuk memasak di dalam oven atau microwave karena tahan terhadap panas dan tekanan tinggi.
Hati-hati juga dengan material kaca yang gampang pecah karena perubahan suhu yang ekstrem. Kotak makanan dari kaca borosilicate cukup kuat sehingga makanan bisa disimpan di kulkas dan langsung dipanaskan di dalam microwave.
ADVERTISEMENT
Pastikan kotak makanan memiliki penutup yang kedap udara
Kotak makanan yang tertutup rapat menjaga makanan tetap higienis karena terhindar dari jangkauan udara luar yang kotor, serangga, dan bakteri. Penutup yang ketat juga melindungi makanan dari kebocoran di dalam kulkas dan mencegah terjadinya oksidasi sehingga kesegaran makanan dapat ikut terjaga.
Selain penutup, beberapa fitur lain juga penting untuk dipertimbangkan. Kotak makanan yang terbuat dari material yang tebal lebih ampuh menahan bakteri dan memiliki daya tahan yang lebih lama. Terdapat juga kotak makanan untuk buah dan sayuran yang dilengkapi sistem vent slider atau sirkulasi pada permukaannya.
Pilih kotak makanan multifungsi untuk penyimpanan yang lebih praktis
Kotak makanan multifungsi dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan mentah sekaligus sebagai wadah untuk peralatan saji.
ADVERTISEMENT
Selain lebih efektif dalam memasak dan mempersiapkan makanan, penggunaan kotak makanan multifungsi juga dapat menghemat ruang penyimpanan karena tidak terlalu banyak kotak makanan yang digunakan.
Apalagi jika kotak makanan multifungsi dilengkapi dengan desain smart saver lewat bentuk modular sehingga bisa ditumpuk dengan mudah.
Perhatikan sertifikat food grade pada kotak makanan!
Kualitas kotak makanan dapat ditentukan dari material pembuatnya. Pilihlah kotak makanan yang mendapat sertifikat food grade – untuk materialnya – yang berasal dari lembaga terpercaya.
Biasanya terdapat kode di bawah kotak makanan yang menandakan seberapa aman material yang digunakan. Misalnya saja pada kotak makanan berbahan plastik, angka 3 dan 7 menandakan penggunaan BPA dan phthaletes pada materialnya.
Selain memilih kotak makanan yang tepat, perawatan juga perlu dilakukan agar kotak makanan bisa digunakan berkali-kali sehingga bisa mereduksi limbah rumah tangga.Yuk, lebih hati-hati dalam pemakaian kotak makanan.
ADVERTISEMENT