Sejuknya Camping di Lembah Ipukan yang Menawan

Konten Media Partner
8 Oktober 2022 18:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Area kamping di Lembah Ipukan Kuningan Jawa Barat.(Juan)
zoom-in-whitePerbesar
Area kamping di Lembah Ipukan Kuningan Jawa Barat.(Juan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciremaitoday.com, Kuningan - Untuk lari dari kesibukan dan menikmati alam bebas Lembah Ipukan jawabanya. Objek wisata luar ruangan ini terletak di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Jawa Barat dan masih termasuk dalam Taman Nasional Gunung Ciremai. Lembah Ipukan merupakan hutan pinus dengan luas area sekitar 6 hektare terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya adalah, camping ground, glamping, air terjun dan kawasan konservasi.
ADVERTISEMENT
Udara yang sejuk dan pemandangan khas pegunungan akan membuat anda dan keluarga menikmati alam bebas dengan lepas. Camping ground dikelola oleh masyarakat setempat di sela-sela hutan pinus dilengkapi dengan fasilitas MCK yang cukup memadai. Jangan takut kelaparan, karena warung makan dan kedai kopi di sekitar area camping ground buka selama 24 jam.
Wisata luar ruang ini cocok untuk semua kalangan. Selain menikmati malam di hutan pinus, pengunjung juga bisa menikmati dua air terjun yang tidak jauh dari lokasi kamping yakni Curug Cisurian fan Curug Payung. Tiket masuk sekitar Rp 15 ribu-Rp 20 ribu per orang. Untuk sewa tenda Rp 100 ribu sampai 150 ribu per malam berkapasitas 4 orang beralaskan matras. Untuk tenda yang lebih nyaman beralaskan kasur dilengkapi bantal dan selimut Rp 300 ribu-Rp 350 ribu per malam. Seluruh sewa tenda belum termasuk makan dan minum.
ADVERTISEMENT
Salah seorang pengelola yang tergabung dalam Kelompok Alam Rimba Lestari, Kusnadi mengatakan, Lembah Ipukan hingga kini masih dihuni oleh hewan endemik di antaranya adalah Katak Merah, Lutung dan Elang Jawa.
"Di sini kan wisata alam, ada tempat camping dan satwa-satwa di sini masih lestari," katanya, Sabtu (8/10/2022).
Ia melanjutkan, Lembah Ipukan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, akses jalan menuju lokasi pun terbilang memadai.
"Akses jalan cukup, motor mobil bisa masuk. Di lokasi juga parkiran luas," imbuhnya.
Lembah Ipukan hanya berjarak 8-10 km dari pusat Kota Kuningan ke arah Palutungan bisa ditempuh dengan mudah karena papan penunjuk jalan tersebar di beberapa titik.
"Dari Kuningan sekitar 8-10 km," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ia mengimbau, untuk pengunjung baik yang sekadar berwisata aua bermalam (camping) untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan kenyamanan.
"Kalau dari saya harus ditaati masalah kebersihan dan saling menjaga keamanan, ketertiban karena lokasi ini dikelola oleh masyarakat," pungkasnya.(Juan)