Puluhan Pelajar Ikuti Musabaqoh Hifdzil Qur’an PDIP Kuningan

Konten Media Partner
15 Maret 2020 14:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah seorang peserta saat mengikuti lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an di Kantor DPC PDI Perjuangan Kuningan. (Andri Yanto)
Ciremaitoday.com, Kuningan – DPC PDI Perjuangan Kuningan menghelat kegiatan Musabaqah Hifdzil Qur’an bagi tingkat pelajar SMP dan SMA sederajat. Kegiatan yang dibuka langsung Bupati H Acep Purnama SH MH ini, merupakan rangkaian agenda HUT PDIP ke-47 tahun.
ADVERTISEMENT
Tercatat, ada sebanyak 62 peserta baik dari tingkat SMP maupun SMA sederajat. Para pemenang lomba sendiri nantinya akan diikutsertakan pada lomba MHQ tingkat Jawa Barat.
Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH sekaligus menjabat Ketua DPC PDIP Kuningan dalam keterangan persnya, Minggu (15/3/2020), mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dan langkah nyata partainya dalam menyiarkan agama di Kuningan. Bahkan MHQ tingkat SMP dan SMA sederajat ini sebagai momentum untuk mensyukuri HUT PDIP ke-47.
Sejumlah pemenang Musabaqoh Hifdzil Qur’an saat berpose bersama Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi dan Pengurus DPC PDI Perjuangan Kuningan. (Andri Yanto)
“MHQ ini merupakan sarana bagi siswa-siswi untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang Al Quran. Semoga kegiatan ini dapat membangun karakter positif dan akhlaqul karimah bagi anak-anak kita,” harapnya.
Dia menilai, bahwa PDIP dibawah kepemimpinan Hj Megawati Soekarno Putri berkomitmen menjadi partai pelopor. Tentu tak hanya sebagai pelopor di bidang politik, namun berbagai program kerakyatan yang menjadi prioritas salah satunya program bidang keagamaan.
ADVERTISEMENT
“Kita ingin terus mengembangkan nilai-nilai agama dan budaya. Sebab keduanya tak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa, dengan diimbangi peningkatan toleransi antar pemeluk agama dan penerapan nilai-nilai ukhuwah,” ungkapnya.
Sementara Ketua Penyelenggara MHQ, KH Yayat Hidayat menuturkan, bahwa setiap peserta akan dinilai oleh juri yang ahli di bidangnya. Penilaian berdasarkan kemampuan hafalan peserta dengan menyebutkan nama surat.
“Para peserta juga diberi potongan ayat secara acak, kemudian pembacaan dilanjutkan oleh peserta. Semoga dapat meningkatkan motivasi peserta untuk terus giat berlatih dan memberi manfaat terhadap sesama,” terangnya.
Pihaknya berharap, generasi muslim Kuningan dapat mengikuti MHQ hingga tingkat nasional jika lolos di tingkat provinsi. Adapun penghargaan akan terus ditingkatkan, untuk memotivasi para penghafal quran.(*)
ADVERTISEMENT