Pemkab Majalengka Kucurkan Rp 4,8 Miliar untuk Pemulihan Ekonomi Petani

Konten Media Partner
26 Februari 2021 13:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka, Iman Firmansyah. (Oki Kurniawan)
zoom-in-whitePerbesar
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka, Iman Firmansyah. (Oki Kurniawan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciremaitoday.com, Majalengka - Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terus menggiatkan program pemulihan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi COVID-19, termasuk di bidang pertanian.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka Iman Firmansyah mengatakan, tahun 2021 ini, pihaknya telah mengajukan anggaran kepada Pemerintah Daerah yang diperuntukan bagi pengembangan sektor pertanian sebesar Rp 4,8 miliar.
"Pak Bupati telah mengalokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan telah diajukan Rp 4,8 miliar," ujar Iman Jumat (26/2/2021).
Iman melanjutkan, anggaran tersebut akan disalurkan kepada kelompok tani yang telah terdaftar di Dinas Pertanian dan dilaksanakan dengan skema swakelola.
"Uang diserahkan kepada kelompok petani sebagai hibah yang dapat digunakan untuk mendanai program-program seperti pembangunan jalan usaha tani, jaringan irigasi, RMU, Damparit, sumur pantek juga program lain yang membantu produktivitas petani," jelasnya.

Sawah Gagal Panen dan Gagal Tanam

Iman mengaku, pertanian di Majalengka sedang terpuruk akibat bencana banjir. Dia menghitung, seluas 1.620 hektare lahan sawah mengalami gagal panen dan gagal tanam.
ADVERTISEMENT
Sehingga pihaknya juga mengajukam bantuan kompensasi kepada Kementerian Pertanian. Disamping terus menjalin komunikasi dengan BBWS agar secepatnya melakukan normalisasi sungai.
"Apalagi, banyak yang terlambat masuk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) namun diusahakan dapat kompensasi asuransi pertanian dari Kementan," ungkapnya.