Belanja di Pasar Ciledug Cirebon Bayarnya Bisa Pakai Barcode

Konten Media Partner
5 Januari 2022 16:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pedagang di PAsar Ciledug Kabupaten Cirebon JAwa Barat aplikasikan pembayaran digital memali QRIS.(Juan)
zoom-in-whitePerbesar
Pedagang di PAsar Ciledug Kabupaten Cirebon JAwa Barat aplikasikan pembayaran digital memali QRIS.(Juan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciremaitoday.com, Cirebon – Belanja di Pasar Ciledug Kabupaten Cirebon Jawa Barat, kini bisa menggunakan barcode. Transaksi non tunai tersebut, diaplikasikan di Pasar Ciledug sebagai Pilot Project perluasan sistem pembayaran non tunai menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRSI) dari Kantor Perwakilan Bank Indoneisa (KPwBI ) Cirebon.
ADVERTISEMENT
Kepala KPwBI Cirebon Bakti Artanta mengatakan, sebanyak lebih dari 50 persen pedagang di pasar tradisional Cildeug sudah menggunakan QRIS, kedepan jumlah ini akan terus ditingkatkan.
“Saat ini sudah lebih dari 50% pedagang di Pasar Ciledug yang menggunakan kanal pembayaran QRIS dalam bertransaksi dan membayar retribusi pasar,” katanya, Rabu 5/01/2022.
Ia melanjutkan, selain lebih mudah transaksi non tunai juga lebih aman dan dapat meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah, karena dalam transaksi digital minim terjadi kebocoran.
“Penerapan transaksi non tunai dengan menggunakan QRIS selalu mengutamakan prinsip Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal (CEMUMUAH) sesuai dengan tagline QRIS,” imbuhnya.
Sementara, salah satu pedagang pasar di Ciledug Rahayu mengaku, transaksi non tunai sangat membantu dalam aktivitas jual beli di pasar. Transaksi ini juga dapat melindungi pedagang pasar dari peredaran uang palsu.
ADVERTISEMENT
“Pembayaran yang diterima langsung masuk ke rekening atau aplikasi, jadi lebih aman. Biasanya kalau bayar pakai uang tunai ada saja uang palsunya, apalagi belanjanya subuh-subuh. Sekarang bayarnya pakai bardcode jadi uangnya asli semua,” pungkasnya.(Juan)