Gampang Nyalahin Pasangan? Cara ini Bisa Bikin Kalian Berhenti Melakukannya

Cinta dan Rahasia
Mulailah membaca dengan Bismillah, akhiri dengan Istighfar. Kisah didramatisir dari kisah nyata.
Konten dari Pengguna
23 September 2021 11:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Cinta dan Rahasia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penasaran apa saja cara agar tidak gampang menyalahkan pasangan? Ini caranya! Foto. dok: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Penasaran apa saja cara agar tidak gampang menyalahkan pasangan? Ini caranya! Foto. dok: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam hubungan percintaan, menyalahkan pasangan adalah hal yang sering terjadi. Sayangnya jika intensitas yang dilakukan sangat sering akan berdampak pada hubungan yang sangat buruk. Hubungan percintaan kalian tidak akan sehat karena menyalahkan pasangan tanpa mau berkaca pada diri sendiri akan membuat mereka tidak nyaman.
ADVERTISEMENT
Buat yang ingin mencoba menghentikan kebiasaan buruk ini, ada berbagai hal yang bisa ditempuh. Penasaran apa saja cara agar tidak gampang menyalahkan pasangan? Ini caranya!

Coba Dengarkan!

Dengan cara mendengarkan lebih dulu, komunikasi diharapkan lebih baik daripada membela diri apalagi menyalahkan balik orang lain. Foto. dok: Pixabay
Ketika seseorang bersikap defensif, mereka tidak benar-benar mendengarkan apa yang ingin dikomunikasikan oleh pasangannya. Kalian harus terbuka untuk berdiskusi. Jangan menyembunyikan apa pun dari pasangan kalian dan memastikan kalian bisa berkomunikasi dengan lancar, baik, tanpa kesulitan.
Dengan cara mendengarkan lebih dulu, komunikasi diharapkan lebih baik daripada membela diri apalagi menyalahkan balik orang lain.

Mencoba Menerima Konsekuensi

Kalian harus menghindari berteriak atau berkelahi dengan pasangan kalian. Foto. dok: Pixabay
Menjadi proaktif tidak akan membatalkan tindakan kalian. Itu artinya, balik menyalahkan tidak akan menyelesaikan apapun karena pasangan bertindak berdasarkan apa yang kalian lakukan. Jika kalian elakukan kesalahan apa pun, maka kalian harus menerimanya daripada mendebatnya atau balik menyalahkan.
ADVERTISEMENT
Minta maaf akan menyelesaikan masalah ini dan komunikasi yang baik akan membuat pasangan mengerti akan hal itu. Kalian harus menghindari berteriak atau berkelahi dengan pasangan kalian.

Menebus Kesalahan yang Ada

Cobalah mengerti jika pasangan kalian melakukan kesalahan. Foto. dok: Pixabay
Daripada membuat argumentasi dengan menyalahkan pasangan kalian, cobalah untuk berpikir cara menyelesaikan konflik. Jangan melakukan pendekatan negatif. Jadilah positif dan bertekad dan merasa menyesal, jika kalian melakukan kesalahan. Cobalah mengerti jika pasangan kalian melakukan kesalahan.
Dengan melakukan ini, kalian akan terbiasa hingga akhirnya berhenti menyalahkan pasangan nantinya.