TNI Pos Benawa Gagalkan Penyelundupan Miras dan Ganja di Jalan Trans Papua

Konten Media Partner
6 Juli 2022 8:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelaku penyelundupan miras dan ganja di Jalan Trans Papua. (Foto Penrem 172 PWY)
zoom-in-whitePerbesar
Pelaku penyelundupan miras dan ganja di Jalan Trans Papua. (Foto Penrem 172 PWY)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jayapura, BUMIPAPUA.COM - TNI di Pos Benawa, Kabupaten Yalimo gagalkan penyelundupan ganja dan minuman keras (miras) dari Jayapura.
ADVERTISEMENT
Selama 2 hari berturut-turut, TNI di Pos Benawa menggagalkan penyelundupan miras dan ganja dari Jayapura ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang dibawa lewat Jalan Trans Papua.
Senin (4/7/2022), sebanyak 2,7 kilogram ganja dari Jayapura dibawa oleh dua orang pemuda asal Jayapura dengan motor. Aksi ini digagalkan TNI di Pos Benawa. Dari hasil pemeriksaan, kedua pelaku mengaku ganja kering akan diedarkan di Wamena dan sekitarnya.
Lalu, pada Selasa pagi (5/7/2022), sebanyak 39 botol miras berbagai merk dan 1 karton pengembang kue yang biasa digunakan untuk membuat minuman keras oplosan lokal seperti air nenas kembali digagalkan TNI di Pos Benawa.
Pengiriman miras dari Jayapura dilakukan oleh 3 orang pemuda yakni SA (18), YI (21) HA (24) dengan menggunakan 3 unit motor.
ADVERTISEMENT
“Ketiga motor yang digunakan tidak memiliki kelengkapan surat berkendara alias motor bodong. Pengakuan pelaku, ketiga motor dibeli di Wamena," kata Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip, Rabu (6/7/2022).
Minuman keras yang dibawa dari Wamena, biasa dibeli dengan harga Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu dan dijual sekitar Rp 1 juta di Wamena.
Pelaku penyelundupan miras dan ganja di Jalan Trans Papua. (Foto Penrem 172 PWY)
“Harga miras di Jayapura lebih murah, sehingga banyak miras didatangkan dari Jayapura dan dijual di Wamena dengan harga yang lebih tinggi,” katanya.
Dandim menyayangkan pelaku penyelundupan miras dan ganja dilakukan oleh orang-orang yang usia produktif.

Razia Rutin

Miras dan ganja yang didapat di Jalan Trans Papua dilakukan dalam razia rutin TNI sebagai tindak lanjut dari perintah Pangdam XVII Cenderawasih agar terus proaktif dalam melakukan kegiatan positif dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di tanah Papua.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh prajuritnya di lapangan. Dimana dalam dua hari ini berhasil menggagalkan penyelundupan ganja dan miras.
"Dengan adanya kegiatan sweeping, setidaknya dapat mencegah peredaran dan penyelundupan barang terlarang seperti narkoba dan miras di daerah pegunungan tengah Papua,” katanya.
Atas perintah Danrem 172/PWY, barang bukti miras yang diamankan akan dimusnahkan hari ini, Rabu (6/7/2022)yang dilakukan bersama kepolisian dan masyarakat setempat.