Perekaman e-KTP di Papua di Bawah 75%

Konten Media Partner
24 Januari 2019 22:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Perekaman e-KTP di Papua di Bawah 75%
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perekaman e-KTP pada salah satu sekolah di Kota Jayapura. (Dok: Humas Pemkot Jayapura)
ADVERTISEMENT
Jayapura, BUMIPAPUA.COM - Sepanjang 2018, perekaman elektronik KTP (e-KTP) di Papua masih di bawah 75%. Salah satu kendala yang dihadapi adalah banyaknya kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua yang melakukan perekaman e-KTP dibawah 10%.
Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk menyebutkan bahkan ada kabupaten di pegunungan tengah Papua yang belum melakukan perekaman e-KTP sama sekali.
"Kami terus berusaha mengejar presentase perekaman e-KTP. Kami butuh kerjasama semua pihak dalam mendukung program nasional ini," jelasnya, Kamis (24/1).
Ribka menuding banyaknya kepala daerah yang tidak proaktif mendukung perekaman hingga ke kampung-kampung yang dipimpinnnya. Data dari Dinas Kependudukan setempat menyebutkan hanya kabupaten induk saja yang berhasil melaksanakan perekaman e-KTP hingga 90%, diantaranya di Kabupaten dan Kota Jayapura, Merauke, Mimika, Biak Numfor dan Jayawijaya.
ADVERTISEMENT
Sementara pada kabupaten pemekaran sebagian besar perekaman e-KTP masih dibawah 10%, misalnya di Kabupaten Paniai, Deyai, Dogiyai, Intan Jaya, Tolikara, Yalimo, Pegunungan Bintang, Puncak, Lanny Jaya dan lainnya. (Katharina)