Pejuang Pepera, Ramses Ohee Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Konten Media Partner
11 November 2022 18:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tokoh Pepera, Ramses Ohee. (Foto BumiPapua.com)
zoom-in-whitePerbesar
Tokoh Pepera, Ramses Ohee. (Foto BumiPapua.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jayapura, BUMIPAPUA.COM- Korem 172/PWY mengusulkan Ramses Ohee, seorang pejuang Pepera menjadi pahlawan nasional.
ADVERTISEMENT
Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menyebutkan sosok Ramses selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tanah Papua.
Usulan ini bukan tanpa alasan mengingat selama hidupnya, Ramses Ohee yang juga seorang Ondofolo atau kepala suku di Port Numbay selalu membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Bumi Cenderawasih.
Bahkan, sebagai wujud kecintaannya terhadap NKRI, Ramses mendirikan organisasi yang diberi nama Barisan Merah Putih (BMP) yang bermarkas di Kota Jayapura. Organisasi ini berperan aktif untuk memberikan dukungan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Papua.
Ramses Ohee merupakam anak dari Korano atau Kepala Kampung Asey Besar Distrik Sentani Onder Afdelling Hollandia, Poroe Ohee dan ibu bernama Orpa Pallo Yochu yang lebih dikenal sebagai tokoh pejuang Pepera 1969.
ADVERTISEMENT
“Beliau telah banyak merasakan asam garam, pahitnya hidup dari jaman penjajahan, perjuangan, orde lama, orde baru, hingga kini masuk jaman reformasi," kata Danrem, Jumat (11/11/2022).

Tokoh Pepera

Ramses Ohee meninggal dunia pada 30 Mei 2022 di usia 91 tahun. Ramses wafat di Jayapura karena sakit.
Selam hidupnya, almarhum sering mengingatkan bahwa ayahnya Poroe Ohee merupakan salah satu dari 3 pemuda Papua yang terlibat dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bersama dengan Orpa Palo dari Sentani Jayapura dan Aitai Karubaba dari Ambai Serui. Hal ini atas penunjukan Sultan Tidore, sebagai bukti bahwa Papua sudah menjadi bagian dari Kerajaan di Nanreausantara yaitu Tidore. Hal ini juga sesuai dengan surat-surat yang ada di rumah beliau. Ketiga pemuda Papua tersebut, kala itu bergabung bersama Jong Ambon.
Danrem 172/PWY, Brigjen TNI J.O Sembiring mengunjungi makam Tokoh Pepera Ramses Ohee di Waena Kampung, Kota Jayapura. (Foto Penrem 172/PWY)
"Beliau juga ikut memperjuangkan lahirnya 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua dari jalur pengangkatan otonomi khusus (Otsus)," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Danrem menganggap bahwa sosok almarhum adalah tauladan yang memiliki prinsip dan tekad. Apa yang dilakukan Ramses selama hidup memberi warna baru untuk sebuah perjuangan.

Membela NKRI

“Beliau sosok pejuang sejak Pepera dulu dan kami tidak meragukan upaya beliau dalam menjaga kedaulatan dan bingkai NKRI melalui caranya. Kami banyak belajar dari cara beliau mempertahankan komitmennya,” terangnya.
Sosok Ramses juga dikenal teguh dengan pendiriannya. Memiliki komitmen dan tidak mundur untuk kalimat negara kesatuan.
"Untuk itu, nama Ramses Ohee layak dimasukkan sebagai daftar pahlawan," tegasnya lagi.
Disinggung terkait prosedur pengusulan ini, Danrem mengatakan tentunya harus melibatkan pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait.
"Jadi bukan dari diri saya sendiri, tapi tentunya harus melibatkan pemerintah daerah. Kami, TNI dalam hal ini Kodam Cenderawasih mendukung hal tersebut," Danrem menjelaskan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Pengurus Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi Provinsi Papua, Ismael Isack Assa Mebri mengenang sosok almarhum semasa hidup.
Ia menyebut sebagai orang yang rendah hati dan mengayomi semua orang.
"Rendah hati, mengayomi semua orang, membela kebenaran. Yang salah selalu di perbaiki dan berjuang untuk kesejahteraan dan kedamaian orang banyak. Hatinya mulia," kenang Ondofolo Hebeybhulu Yoka Kota Jayapura ini.
Isack menyampaikan, Ramses Ohee selalu terbuka dan menerima siapapun yang ingin menemuinya. Bahkan, setiap orang yang menemuinya selalu diberi nasihat dan solusi.
"Bapak Ramses Ohee adalah sosok yang selalu memberi wejangan dan nasehat. Oleh karena itu, diharapkan kedepan anak cucu dapat berguna bagi bangsa dan negara di tanah Papua," ujarnya.
Isack menyatakan, sosok Ramses Ohee merupakan seorang pejuang yang patut diteladani karena selalu konsisten dalam perkataan dan perbuatannya sehari-hari selama hidupnya.
ADVERTISEMENT