Kandidat Gubernur Provinsi Pemekaran di Papua Bermunculan

Konten Media Partner
3 Februari 2023 19:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Willem Wandik yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Puncak, Provinsi Papua Tengah, disebut-sebut akan maju menjadi kandidat Gubernur Provinsi Papua Tengah. Foto: Diskominfo Puncak
zoom-in-whitePerbesar
Willem Wandik yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Puncak, Provinsi Papua Tengah, disebut-sebut akan maju menjadi kandidat Gubernur Provinsi Papua Tengah. Foto: Diskominfo Puncak
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jayapura, BUMIPAPUA.COM- Kandidat gubernur provinsi pemekaran di Papua mulai bermunculan untuk bersaing pada pilkada serentak 2024.
ADVERTISEMENT
Para calon gubernur tersebut kebanyakan dari mantan bupati di kabupaten sekitarnya. Sebut saja nama Willem Wandik yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Puncak, Provinsi Papua Tengah, disebut-sebut akan maju menjadi kandidat Gubernur Provinsi Papua Tengah.
Willem Wandik yang juga menjabat sebagai bendahara PDI Perjuangan Papua Tengah mengklaim masyarakat meminta dirinya untuk maju dalam pilkada 2024 di Papua Tengah.
“Saya masih berkonsentrasi menghabiskan masa jabatan sebagai Bupati Puncak yang akan berakhir 7 bulan lagi. Banyak masyarakat sampaikan itu (Pilkada 2024) kepada saya, tapi saya belum berpikir ke arah sana,” katanya.
John Tabo (kanan), Bupati Mamberamo Raya pada sebuah kesempatan. John Tabo sudah mendeklarasikan diri maju dalam Pilkada Gubernur Papua Pegunungan. Foto: icpa-banyuwangi.ac.id
Namun ia akan menyesuaikan kerja dengan perintah partai, terutama perintah dari Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. “PDIP bukan partai kecil, sehingga mekanisme juga sudah ada, yang tentunya sesuai dengan aturan main partai dan yang utama adalah harus sesuai dengan perintah dari Ketua umum PDIP Megawati Soekarno Putri,” katanya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya Willem Wandik, mantan Bupati Yahukimo, Ones Pahabol juga mengaku akan maju menjadi Gubernur Papua Pegunungan atas mandat yang diberikan masyarakat akar rumput.
Kesiapan mantan Bupati Yahukimo dua periode 2005-2010 dan 2011-2016 untuk maju Pilgub 2024 telah bulat usai menggelar rapat perdana bersama para Pengurus DPD Partai Demokrat Papua Pegunungan dan para Pengurus DPC Partai Demokrat kabupaten.
Ones Pahabol (kanan) siap maju dalam pilkada Gubernur Papua Pegunungan. Foto: istimewa
Rapat perdana digelar usai Ones Pahabol diangkat menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Papua Pegunungan berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPP Partai Demokrat, yang diserahkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 10 Januari 2023 di Jakarta.
“Pileg dan Pilpres lebih dahulu, maka kita bisa bekerja kumpulkan kursi, agar mencapai target dan memenuhi kuota. Kalau sudah memenuhi kuota, maka otomatis nanti akan mendapatkan tiket untuk calon gubernur definitif di Papua Pegunungan,” kata Ones yakin.
ADVERTISEMENT
Di tengah masyarakat, nama-nama calon gubernur provinsi pemekaran Papua juga santer disebut John Tabo yang sudah menyatakan diri siap maju dalam pilkada 2024 sebagai kandidat Gubernur Papua Pegunungan. Lalu, Romanus Mbaraka yang juga disebut akan meramaikan kursi calon Gubernur Papua Selatan. Romanus saat ini masih menjabat sebagai Bupati Papua Selatan. Bahkan John Gluba Gebze yang menjadi pencetus Provinsi Papua Selatan juga disebut-sebut akan maju pada Pilkada serentak 2024 di daerahnya.