Daftar Kejahatan KKB Egianus Kogoya Sepanjang 5 Tahun Terakhir

Konten Media Partner
14 Februari 2023 18:21 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
KKB Egianus Kogoya. Foto:; Polda Papua
zoom-in-whitePerbesar
KKB Egianus Kogoya. Foto:; Polda Papua
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jayapura, BUMIPAPUA.COM- Polda Papua mencatat aksi kejahatan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Egianus Kogoya sepanjang 5 tahun terakhir.
ADVERTISEMENT
Kepolisian mencatat terdapat 65 aksi kejahatan yang dilakukan oleh KKB Egianus yang memiliki markas di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.
Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo merinci kejahatan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata ini terdiri dari 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, 8 aksi penyerangan, 3 aksi pembantaian dan 2 aksi pembakaran.
Egianus Kogoya, pimpinan KKB yang bermarkas di Kabupaten Nduga. Foto: Polda Papua
"KKB Egianus juga melakukan aksi pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman dan penyanderaan pilot," kata Kombes Benny, Selasa (14/2/2023).
Dengan banyaknya kejahatan yang dilakukan, Polda Papua menerbitkan 16 orang yang tergabung dalam KKB Egianus sebagai daftar pencarian orang (DPO).
Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri berharap KKB Egianus tak lagi melakukan teror yang dapat menakuti masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Kami tak akan memberikan ruang kepada pelaku kriminal bersenjata yang kerap mengganggu proses pembangunan di tanah Papua," jelasnya.