Minuman Berkolagen Juga Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Konten Media Partner
5 Oktober 2021 10:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Pixabay.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat ini, minuman berkolagen tengah populer di kalangan perempuan. Bahkan, tak sedikit influencer yang mempromosikan minuman tersebut lengkap dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit dari dalam.
ADVERTISEMENT
Lantas apakah minuman berkolagen aman bagi tubuh?
Menjawab hal itu, dr. Medhi Denisa Alinda, Sp.KK mengatakan bahwa dalam minuman berkolagen tidak hanya terkandung kandungan kolagen saja, namun terdapat berbagai zat lain.
"Benar minuman berkolagen bisa menjaga kulit dari dalam tapi tergantung dengan berapa dosis kolagen dalam minuman tersebut. Biasanya dalam minuman kolagen mengandung kombinasi zat seperti gluthation, vitamin A, dan vitamin C yang bisa membantu untuk mencerahkan kulit," kata dr. Medhi, Selasa (5/10).
Selain memiliki kandungan yang baik terhadap kulit, Dosen Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini menyebut minuman berkolagen juga memiliki efek jangka panjang terhadap tubuh.
"Konsumsi jangka panjang bisa menyebabkan batu ginjal. Sebaiknya diimbangi dengan minum air putih yang banyak," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, asupan kolagen juga bisa diperoleh dari berbagai bahan alami yang ada di sekitar masyarakat. Seperti ayam, ikan, putih telur, jeruk beri, tomat, hingga sayur-sayuran.
dr. Medhi menjelaskan bahwa dibanding mengkonsumsi minuman berkolagen, penggunaan bahan-bahan alami lebih disarankan.
"Lebih baik konsumsi bahan alami karena tidak terdapat bahan pengawet. Sedangkan minuman berkolagen biasanya ditambah pengawet," jelasnya.
Terkait berapa dosis aman dan efektif dari kandungan kolagen adalah tidak lebih dari 2,5 - 15 gram/hari. "Sebaiknya tidak lebih dari 2,5 - 15 gram/hari agar peptida kolagen bisa terhidrolisis aman dan efektif," tuturnya.
Tak lupa, ia juga menghimbau masyarakat jika ingin memiliki kulit yang sehat dan kencang adalah dengan cara melakukan hidup sehat.
ADVERTISEMENT
"Tidur yang cukup, makan yang banyak mengandung sayur dan buah, menggunakan krim perawatan kulit sesuai anjuran dokter seperti sunblock, selalu menggunakan pelembab, dan mencuci wajah setiap hari," pungkasnya.