'Menarche' Jadi Momen Ortu Singgung Bahaya Seks Bebas Pada Anak

Konten Media Partner
24 Juli 2019 10:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pembalut.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pembalut.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menstruasi pertama atau menarche umumnya jadi penanda datangnya masa pubertas pada remaja putri. Biasanya menarche berlangsung di usia 11-14 tahun. Datangnya menstruasi pertama umumnya disertai perasaan tegang, cemas, bahkan bisa lebih emosional.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, saat menstruasi pertama biasanya perut merasa kembung seperti ada gas dalam perut, rasa sakit atau kram di bagian perut, punggung, hingga kaki. Hal ini biasanya disebut dengan premenstrual syndrome (PMS).
Untuk mengatasi hal tersebut, Basra menghubungi dr. Sjafril Vika Permana, SpOG, Dokter Spesialis Kandungan di Rumah Sakit Pura Raharja Surabaya, Senin (22/7).
Sebelum hal itu terjadi pada sang buah hati, dokter Vika mengatakan jika sebaiknya orangtua menjelaskan terlebih dulu pada anak tentang hal-hal dasar menstruasi.
"Hal ini tidak hanya sekedar memberikan informasi pada anak. Tapi juga membiarkan anak-anak ini tahu bahwa orangtua mereka bersedia dan nyaman untuk berdiskusi. Sehingga saat anak mengalami masa itu, ia tak akan kaget," kata dokter Vika.
Dr. Sjafril Vika Permana, SpOG.
Mengutip penjelasan psikolog Elizabeth Santosa di Forum Sahabat Keluarga, pendampingan orang tua di masa pubertas anak jadi hal krusial karena di masa tersebut remaja mulai tertarik dengan lawan jenis.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, selain memberikan informasi mengenai menstruasi pada anak. Orang tua juga perlu memberikan pendidikan seks pada anak terutama tanggung jawab anak ketika sudah mengalami menstruasi.
Misalnya saja dengan mengenalkan organ intim, fungsi dan terkait hal lainnya. ”Contohnya kita bisa kenalkan mereka terkait payudara. Terus pelan-pelan singgung juga fungsinya. Mungkin dia akan menjawab untuk menyusui. Jadi nanti dia akan tahu bahwa dada bukan sekadar erotis dan harus ditutupi, tapi fungsi utamanya menyusui. Barulah kemudian kita singgung pencegahan kejahatan; harus ditutup dan nggak boleh dipegang oleh siapa-siapa,” paparnya.
Oleh sebab itu, hubungan anak dengan orangtua sangat penting apalagi terkait pendidikan seks sejak dini. Karena saat ini banyak kasus kehamilan sebelum nikah karena orang tua dan anak yang terlalu berjarak. Hal itulah yang mengakibatkan anak terjerumus dalam seks bebas. (Reporter : Amanah Nur Asiah / Editor : Windy Goestiana)
ADVERTISEMENT