5 ribu Tablet Pendidikan Disiapkan untuk Mahasiswa di Daerah 3T

Konten Media Partner
15 Juni 2022 8:58 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Proses perakitan DigITS yang ditinjau oleh Rektor ITS pada kunjungan ke PT Panggung Electric Citrabuana..
zoom-in-whitePerbesar
Proses perakitan DigITS yang ditinjau oleh Rektor ITS pada kunjungan ke PT Panggung Electric Citrabuana..
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejak dua tahun terakhir, pembelajaran jarak jauh menjadi kebutuhan utama yang perlu dilakukan akibat pandemi COVID-19. Sayangnya, fasilitas untuk PJJ tersebut belum terpenuhi, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui PT ITS Tekno Sains yang bekerjasama dengan PT Panggung Electric Citrabuana, mengembangkan tablet Digital Transformation Services of ITS (DigITS) untuk digunakan mahasiswa di daerah 3T.
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengatakan, tablet DigItlTS ini merupakan wujud implementasi dari kerja sama triple helix ABG (Academic, Bussiness, and Government) yang sangat nyata.
Melalui karya anak bangsa ini, pihaknya bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), berupaya untuk meningkatkan taraf pembelajaran dan kemudahan mengakses bahan ajar melalui DigITS.
"Dengan kerja sama antar berbagai pihak ini, 5 ribu tablet DigITS ini bisa berjalan dengan baik dan segera dapat digunakan untuk memberikan kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia," ucapnya, Rabu (15/6).
Presiden Direktur PT Panggung Electric Citrabuana, Ali Soebroto dan Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng berfoto bersama contoh tablet DigITS saat kunjungan ke PT Panggung Electric Citrabuana.
Sementara itu, Ketua Tim Penelitian Pengembangan Tablet Merah Putih, Dr Ir Achmad Affandi DEA menjelaskan terkait layanan yang ada dalam tablet DigITS.
ADVERTISEMENT
Pertama adalah DigITS Apps. Layanan ini serupa dengan mini playstore yang biasa ada di perangkat seluler Android. Nantinya berbagai aplikasi buatan para Inovator ITS akan dapat digunakan dan diunduh melalui DigITS.
"Aplikasi-aplikasi milik DigITS diletakkan di sana agar pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi milik ITS yang mereka butuhkan," jelasnya.
Kedua adalah layanan SatuDikti, sebuah platform yang terintegrasi untuk mendukung berbagai layanan pada perguruan tinggi dengan Dikti.
Selanjutnya adalah layanan katalog berisi materi perkuliahan dan pembelajaran digital berbagai program studi. Katalog ini dikurasi dari SPADADIKTI, yakni sistem pembelajaran daring milik Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.
Terakhir, adalah layanan idREN atau Jejaring Riset dan Edukasi Indonesia. idREN sendiri merupakan infrastruktur jaringan khusus yang menghubungkan institusi serta komunitas riset dan pendidikan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Kami juga telah menyiapkan layanan kepada pemakai tablet DigITS melalui website. Website ini dapat diakses melalui digits.itsteknosains.co.id. Semoga dengan adanya tablet ini, bisa membantu proses pembelajaran di kampus-kampus di daerah 3T," pungkasnya.