Tumbukan Beserta Contohnya pada Momentum dan Impuls

Konten dari Pengguna
15 Desember 2020 16:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tumbukan pada Momentum dan Impuls, Foto: Dok. pelajaran.co.id
zoom-in-whitePerbesar
Tumbukan pada Momentum dan Impuls, Foto: Dok. pelajaran.co.id
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa kamu sudah mengetahui tentang tumbukan dalam momentum? Tumbukan atau lentingan sebenarnya sama halnya dengan pantulan. Hal tersebut dikarenakan sebuah benda yang bergerak mengenai benda lain yang diam maupun bergerak.
ADVERTISEMENT
Masing-masing hasil dari tumbukan memiliki karakter yang berbeda, ada yang sempurna, tidak sempurna dan ada yang sebagian saja.
Mari kita kenali lebih dalam tentang jenis-jenis tumbukan beserta contohnya.

Tumbukan Lenting Sempurna

Tumbukan lenting sempurna ialah tumbukan yang energi kinetiknya kekal. Pada tumbukan lenting sempurna ini, energi kinetik total antara dua benda sebelum dan setelah tumbukan adalah bernilai sama. Kesimpulannya dalam hal ini, berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi.
Contoh dari kejadian Tumbukan Lenting Sempurna adalah tumbukan antara dua bola elastis, seperti bola billiard, antara atom-atom, inti atom, dan partikel-partikel lain yang seukuran dengan atom atau lebih kecil lagi.

Tumbukan Lenting Sebagian

Tumbukan lenting sebagian ialah tumbukan antara dua benda yang jumlah energi kinetiknya sesudah terjadi tumbukan, lebih kecil di bandingkan dengan jumlah energi kinetiknya sebelum terjadi tumbukan.
ADVERTISEMENT
Pada tumbukan ini, sebagian energi kinetik diubah menjadi bentuk energi lain, sehingga energi kinetik setelah tumbukan lebih kecil daripada setelah tumbukan.
Contoh tumbukan lenting sebagian adalah

Tumbukan Tidak Lenting Sempurna

Tumbukan tidak lenting sempurna terjadi jika dua benda yang bertumbukan menyatu dan bergerak secara bersamaan. Setelah terjadinya tumbukan, maka kedua benda akan bergabung atau menjadi satu.
ADVERTISEMENT
Contoh dari tumbukan tidak lenting sempurna adalah
Itulah jenis tumbukan beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
(RDY)