Tentukan Arah Mata Angin, Begini Caranya!

Konten dari Pengguna
14 Januari 2021 18:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kompas, Sumber: Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Kompas, Sumber: Kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Arah mata angin bisa digunakan untuk menunjukan suatu arah. Biasanya, mata angin ini ada di dalam kompas, peta atau navigasi di dalam smartphone Anda.
ADVERTISEMENT
Walaupun mata angin berada pada navigasi di dalam smartphone Anda, namun bagaimana caranya, jika Anda terjebak pada tempat dengan kekuatan sinyal yang tidak mumpuni?
Misalnya, Anda terjebak pada saat melakukan pendakian ke salah satu gunung yang ada di Indonesia, lalu Anda tidak tahu cara menentukan arah mata angin, padahal Anda membawa kompas.
Maka dari itu, setidaknya Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu, ketika hendak pergi ke daerah dengan kekuatan sinyal yang kurang baik. Persiapan pembekalan, serta pemahaman terhadap cara pemakaian alat kompas ini.
Dalam artikel ini, akan diberitahu cara-cara menggunakan kompas dengan baik dan benar. Melansir dari berbagai sumber, begina cara mengetahui arah mata angin di dalam kompas.
Cara menentukan mata angin menggunakan kompas cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menaruh kompas pada permukaan datar, tunggu sampai jarum di kompas tidak bergerak. Lalu, Anda akan tahu kemana arah mata angin yang akan Anda tuju.
ADVERTISEMENT

Arah Mata Angin: Pahami Jenisnya Terlebih Dahulu

Arah mata angin akan tepat diketahui, jika Anda memahami jenis-jenis pada mata angin. Pelajari dan ingat jenis-jenis mata angin ini, agar Anda bisa membaca kompas, peta, atau navigasi dengan baik.
Perlu diketahui, Cardinal points menentukan arah sudut mata angin menggunakan cara menghitung kelipatan 90 derajat. Hal ini merupakan hal paling dasar dalam mengetahui jenis mata angin, seperti ini contohnya.
Utara = 0 atau 360 derajat
Timur = 90 derajat
Selatan = 180 derajat
Barat = 270 derajat
Sedangkan untuk menghitung pertengahan arah, Anda bisa mempelajari ordinal points, seperti berikut.
Timur laut = 45 derajat antara timur dengan utara
Tenggara = 135 derajat antara timur dengan selatan
ADVERTISEMENT
Barat daya = 225 derajat antara barat dan selatan
Barat laut = 315 derajat antara utara dan barat
Semoga bermanfaat!
(Linda Fahira Putri)